Ketika speaker iPhone 5 rusak, Anda bisa mendengarkan suara yang mengganggu. Dalam tingkat yang lebih buruk, Anda tidak bisa suara sama sekali. Anda tidak mendengarkan musik favorit, tidak menyadari ada panggilan telepon dan notifikasi pesan yang masuk. Wah, ini masalah yang cukup serius karena perbaikannya cukup sulit. Anda perlu membawanya service center. Jika Anda orang yang suka mengutak-atik elektronik, kami bisa memberikan 14 Langkah Memperbaiki Speaker iPhone 5 Rusak.

Sebelum Anda memperbaiki speaker, Anda perlu mempersiapkan beberapa peralatan khusus iPhone yang biasa dijual paketan. Di dalam paketan itu biasanya memiliki obeng bintang, obeng plus, silet, pemisah fleksible, tang potong, pencabut LCD, sekop fleksible. Selain itu, Anda perlu membeli speaker penggantinya. Selanjutnya, kita akan membahas langkah-langkah memperbaiki speakser di iPhone 5.

  1. Mematikan iPhone. Anda cukup menggunakan Slide to Power off. Sederhana bukan?
  2. Melepaskan baut-baut di sisi bawah iPhone terlebih dahulu. Setelah itu, Anda perlu memasang pencabut LCD di atas tombol Home. Dikarenakan sisi atas masih terkoneksi dengan berbagai kabel, maka kita akan mengangkat dari bagian bawah layar hingga tarik ke atas pelan-pelan.
  3. Anda akan melihat 3 baut dengan obeng. Baut itu lalu diletakkan di tempat yang terpisah supaya tidak tercampur dengan baut-baut iPhone lain.
  4. Setelah ini Anda akan menemukan 3 kabel dan pisahkan dengan sekop fleksible. Pada permukaan Anda hanya akan menemukan dua kabel tetapi jika Anda melepaskannya kedua yang di atas, Anda akan menemukan kabel ketiga. Kadangkala kabel ketiga terlepas dengan sendirinya. Jika langkah ini telah dilakukan, maka Anda bisa melepaskan layar LCD.
  5. Selanjutnya Anda perlu melepaskan baterai iPhone. Kita mulai dengan melepaskan dua baut di sisi kanan baterai. Lalu Anda perlu mempergunakan sekop fleksible Anda untuk memisahkan penyambung baterai iPhone.
  6. Pemisahan baterai adalah langkah yang cukup berat. Anda akan mencopot baterai mulai dari sisi kiri atas dengan pelan dengan meletakkan pemisah fleksible diantaranya hingga Anda mendengar suara perekat yang terlepas. Setelah itu, Anda melepaskan sisi kiri baterai lalu setiap sudutnya dengan cara yang sama hingga suara perekat yang terlepas terdengar. Nah, Anda sudah bisa melepaskan baterai.
  7. Langkah berikutnya adalah melepaskan lighting dock connector. Anda cukup melepaskan satu bautnya lalu gunakan sekop fleksible untuk melepas round connector kabel. Setelah itu Anda perlu melepaskan 7 sekrup dock untuk melepaskannya.
  8. Putar iPhone 5 Anda dan dengan pemisah fleksible pelan-pelan melepaskan headphone jack dan rear casing lalu angkat pelan-pelan tanpa merusak kabel. Lakukan terus menerus hingga Anda menemukan komponen loud speaker
  9. Komponen loud speaker ini didorong ke sisi kiri tapi jangan sampai terputus koneksinya dengan logic board
  10. Sekarang Anda bisa fokus untuk melepaskan lighting dock connector hingga komponen dock terlepas. Anda perlu memastikan semua kabel tidak terputus. Lem-lem dengan pelan-pelan dibersihkan.
  11. Komponen Loud Speaker terhubung ke dock assembly dengan satu kabel. Yang menggabungkan kabel adalah lem yang perlu dilepas pelan-pelan dengan pemisah fleksible. Setelah berhasil melepaskannya, sekarang Anda bisa menggantikan dengan speaker barunya.
  12. Setelah ini, kita akan memasang kembali dimulai dari memasang kembali lighting dock yang bagian atas. Dan pastikan dock assembly kembali ke posisi semula.
  13. Pasang kembali round connector, dork connector cable, batterai, LCD dengan teliti. Anda perlu memastikan semua komponen selaras sebelum Anda menggunakan obeng Anda.
  14. Jika pemasangan telah selesai dilakukan, Anda perlu menyalakan kembali iPhone 5 dan melakukan serangkaian tes seperti mencoba menelepon untuk mendengar suara Ringtone dan cobalah berbicaralah dengan orang di seberang iPhone Anda, menyalakan aplikasi musik, lakukan charge dan pasang headphone.

Jika ke-14 langkah memperbaiki Speaker iPhone 5 rusak berhasil Anda lakukan, Anda boleh bangga dengan diri Anda sendiri. Jika tidak, Anda bisa menghubungi klikFix https://klikfix.com/ID/booking/service/repairs/smartphone/iphone-5/no-sound-iphone-5/5746c740ee85ff1100565492. Biaya perbaikan speaker iPhone 5 rusak mulai dari Rp. 225.000 dengan perkiraan waktu pengerjaan adalah 3 hari.