5 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Seiring berkembangnya teknologi, peranan komputer kini makin tergantikan dengan kehadiran laptop. Hal ini terbukti dari banyaknya pengguna laptop daripada komputer. Namun ini bukan berarti tidak ada lagi yang menggunakan komputer. Masih banyak loh orang yang menggunakan komputer, meskipun jumlah pengguna laptop makin melejit. Laptop dan komputer memang memiliki porsi tersendiri terhadap pekerjaan kita.

Ibarat pertemanan di dunia nyata, berteman dengan laptop tentu tak selalu mulus sesuai yang kita harapkan. Pasti terdapat berbagai kendala dan masalah. Salah satu masalah yang menjengkelkan pada laptop adalah ketika laptop yang kita andalkan mendadak menjadi lemot. Tentu sangat menyebalkan apabila kita sedang dikejar tugas namun laptop yang kita andalkan tak kunjung kembali seperti sedia kala. Menyebalkan bukan? Mungkin ada beberapa sobat yang belum mengetahui, bagaimana solusi yang kita perlukan untuk menghadapi laptop yang lemot. Apa saja solusi yang kita butuhkan apabila menghadapi laptop yang lemot? Simak berikut ini beberapa cara mengatasi laptop lemot yang dapat segera kita praktekkan di rumah:

1. Gunakan aplikasi cleaner atau pembersih

Beberapa orang meragukan fungsi aplikasi cleaner atau pembersih yang ada. Kebanyakan orang beranggapan bahwa aplikasi ini sama saja alias tidak berguna. namun siapa tahu kalau belum mencobanya? Apliaksi pembersih atau cleaner merupakan aplikasi pembersih file  sampah setelah penggunakan kita pada aplikasi tertentu. Cara pemakaian aplikasi pembersih sangatlah mudah dan sederhana. Tinggal satu kali “klik” file sampah yang tidak kita perlukan sudah terbuang dengan sendirinya. So, benar atau tidaknya fungsi aplikasi ini, mari kita coba sendiri pada laptop kita yang sedang lemot.

2. Disk clean up hardisk

Disk clean up hardisk adalah aplikasi bawaan yang juga berfungsi untuk membersihkan file sisa. File sisa yang dimaksud adalah file yang membekas pasca kita melakukan browsing di internet. File ini seperti registry, cookies, dan cache yang mungkin tidak kita butuhkan kembali. File – file ini memang terbilang tidak terlalu berat apabila tidak menumpuk begitu banyak. Namun, apabila file – file tersebut telah tertumpuk dengan jumlah yang banyak, bukan tidak mungkin laptop kita mendadak menjadi lemot.

3. Non aktifkan aplikasi yang tidak dibutuhkan

Saat sedang menggunakan laptop terkadang ada beberapa aplikasi yang kita buka dan lupa tidak menutupnya kembali. Hal ini tanpa sadar akan mengakibatkan beban pada laptop kita sehingga menjadikannya lemot. Sebaiknya, tutup aplikasi yang tidak kita butuhkan dengan cara masuk ke dalam windows task manager kemudian pilih “end task” pada aplikasi yang tidak kita perlukan kembali.

4. Menggunakan fungsi defragment pada hard disk

Mungkin ada sebagian dari kita yang belum mengetahui fungsi sederhana dari defrag hard disk. Defrag hard disk bukan berarti membersihkan file sampah yang terdapat pada laptop. Fungsi dari defrag hardisk adalah menata kembali berkas yang ada pada hard disk agar mudah terbaca ketika hendak digunakan sehingga sistem yang ada pada laptop dapat berjalan dengan maksimal. Demi kebaikan laptop agar terhindar dari kata lemot, sebaiknya lakukan proses defrag pada setiap 1 bulan sekali bahkan bila perlu setiap 2 pekan sekali.

5. Minimalkan start up

Dalam aplikasi laptop, terdapat aplikasi yang terbuka otomatis sesaat setelah laptop menyala (start up). Hal ini dapat menjadikan laptop kita menjadi lemot bahkan sejak awal dinyalakan. Untuk mengatasinya, masuklah pada task manager lalu pilih disable pada aplikasi yang rasanya tidak begitu penting sehingga saat laptop menyala tidak diawali dengan banyak beban aplikasi.

Baiklah sobat, itulah 5  solusi mengatasi laptop lemot yang mungkin selama ini kalian cari. Di samping cara – cara di atas lakukanlah perawatan pada laptop dan jangan sampai menggunakannya dengan cara yang berlebihan sehingga ancaman lemot pada laptop pun dapat diminimalkan. Sampai jumpa.

Image Source: http://www.staticwhich.co.uk/

Share and Enjoy