5 Tips Cara Merawat Layar Sentuh Smartphone

Cara Merawat Layar Sentuh Smartphone

Hampir seluruh smartphone terbaru menggunakan fitur layar sentuh alias touch screen. Tingkat kepekaan atau sensitifitas layar sentuh pun bermacam-macam. Biasanya, smartphone dengan tampilan sederhana menawarkan sensitifitas yang biasa-biasa saja. Berbeda dengan smartphone yang terbilang canggih seperti contohnya, Samsung Galaxy S7, Oppo F1 atau iPhone yang memberikan kenyamanan lebih kepada pengguna dengan layar sentuh handphone yang sangat peka. Namun, sepeka apapun layar sentuh tablet atau smartphone kalian, takkan bertahan lama jika digunakan dengan kasar. Karena pada umumnya, handphone sendiri merupakan barang yang tidak dapat bertahan selamanya kan? Nah, berikut adalah 5 tips cara merawat layar sentuh smartphone.

  1. Bersihkan Layar

Membersihkan layar handphone kalian memang terlihat sepeleh namun merupakan hal yang penting loh guys. Pasalnya, dengan menjaga kebersihan layar juga akan meningkatkan kinerja layar sentuh smartphone. Kalian bisa membersihkannya secara teratur dengan bantuan kain lembut atau cotton-buds yang sebelumnya kalian beri cairan pembersih. Biasanya, pembersih paling manjur untuk layar kalian adalah minyak kayu putih. Selain itu, kalian dianjurkan untuk menggunakan screenguard agar layar tetap terjaga dari goresan-goresan.

  1. Memanfaatkan Bantuan Kalibrasi

Smartphone pada umumnya dilengkapi dengan pengaturan kalibrasi. Hal ini bisa kalian manfaatkan dengan sebaik mungkin loh untuk menambah sensitifitas layar sentuh tablet atau handphone. Biasanya, smartphone lambat laun akan terpengaruh beberapa faktor eksternal atau fisik seperti perlakuan tangan kalian ketika menggoser layar atau beberapa hal lainnya. Nah, pengaturan kalibrasi sendiri akan berguna untuk mengembalikan atau mengatur dan menyesuaikan kembali kinerja layar sentuh. Kalian tinggal mengikuti aturan sesuai sistem di smartphone karena hal ini mudah untuk dilakukan bagi semua orang.

  1. Kelola Aplikasi

Aplikasi ternyata menjadi salah satu penyebab layar sentuh menjadi kurang responsif. Memang tidak untuk semua aplikasi, namun beberapa di antaranya seperti aplikasi yang kalian unduh dari browser atau secara tidak legal dapat menyebabkan kinerja layar sentuh terganggu akibat virus atau gangguan software lainnya. Jadi, jika kalian tak segera menghentikan atau un-install aplikasi-aplikasi malware tersebut, kemungkinan besar layar sentuh kalian terganggu kinerjanya. Oleh karena itu, lebih baik jika kalian mengunduh aplikasi-aplikasi ‘baik’ yang misalnya berasal dari Google Play Store.

  1. Gunakan Screen Guard Tipis

Screen guard mungkin sudah tidak asing untuk kalian gunakan pada layar smartphone kalian. Sudah hadir sekian lama, screen guard bisa dibilang terbukti untuk mencegah resiko-resiko yang dapat mengenai layar sentuh smartphone kalian. Seperti halnya keretakan atau hanya goresan-goresan biasa. Screen guard tebal memang tak salah dan nyatanya memberikan perlindungan yang lebih baik, namun ia juga dapat mengurangi sensitifitas layar sentuh. Sehingga, kalian lebih baik menggunakan screen guard tipis yang dapat menambah kinerja touchscreen kalian.

  1. Gunakan Dengan Tidak Kasar

Pada umumnya, dengan mengetahui layar sentuh yang begitu peka kita malah dengan kasar menggunakannya. Selain itu, secara tak sengaja kita sering meletakkannya dengan sembrono seperti di saku atau tas hingga layar mengenai barang-barang lainnya. Nah, hal ini memang tak ada perawatan khusus seperti tips di atas. Namun, kali ini menjadi kesadaran kalian sendiri loh dalam menjaga layar smartphone agar layar sentuh tetap responsif dan terawat.

Itulah 5 cara merawat sensitifitas layar sentuh smartphone kita. Mudah bukan? Semoga tips ini bermanfaat.

Image Source:

  • https://www.tagmobile.com/blog/5-tips-to-improve-touch-screen-sensitivity-on-smartphones/
shares