Charger iPhone Anda rusak? Anda sebaiknya tidak membeli aksesoris iPhone di luar merk Apple. Alasannya, penggunaan charger palsu bisa membahayakan pemiliknya. Di beberapa tempat, aksesoris ini telah merusak kabel, iOS, membakar iPhone hingga kebakaran rumah terjadi. Bahaya sekali bukan? Setelah Anda berketetapan membeli charger asli, ternyata di toko-toko banyak yang menjual aksesoris iPhone palsu. Waduh. Bagaimana pecinta iPhone menjadi pembeli cerdas, KlikFix akan memberikan tips cerdas membedakan aksesoris iPhone asli atau palsu.

1. Logo keselamatan

Di belakang setiap adaptor, Anda akan menemukan logo keselamatan yang terletak di antara kedua pin di sisi bawah adaptor. Anda perlu memperhatikan warna yang ada di logo tersebut. Logo di adaptor charger yang palsu berwarna abu-abu tua, sementara adaptor charger asli berwarna abu-abu terang. Selain itu, jika ada pengejaan bahasa inggris yang salah, aksesoris sudah pasti palsu.

2. Berat Charger

Charger yang asli selalu lebih berat daripada yang palsu karena tingginya jumlah komponen. Untuk bagian berat, Anda akan kesulitan mengtahuinya kecuali Anda membawa timbangan. Adaptor yang asli selalu lebih berat dari 40 gram.

3. USB Socket

Posisi USB Socket yang palsu akan kebalik dengan iPhone charger yang asli. Jadi Anda bisa cek belakang kabelnya.

4. Pin Charger

Pin pada charger yang asli selalu matt dan memiliki warna dan bentuk yang konsisten. Jika Anda menemukan charger yang memiliki pin berkilau, bentuknya tidak rapi dengan ukuran yang berbeda-beda, Anda sebaiknya tinggalkan toko tersebut.

5. Gunakan penjual yang memiliki nama baik

Bagi Anda yang gemar belanja online, keempat poin di atas hanya bisa diketahui jika kita telah menerima barangnya. Anda tidak mengandalkan gambar yang terpampang di layar website saja. Jadi Anda perlu memastikan Anda belanja pada penjual yang telah memiliki nama baik. Sekalipun harganya mungkin lebih mahal, tetapi lebih bagus dalam mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti iPhone yang rusak atau kebakaran rumah.

Sekarang Anda sudah membaca tips cerdas membedakan aksesoris iPhone asli atau palsu. Kalau iPhone Anda rusak karena Anda salah membeli aksesoris dalam hal ini charger, maka Anda bisa mengetahuinya di klikfix.