5 Tips Mengutak Atik Windows 10 Taskbar

Windows 10 Taskbar

KlikFix.com – Bagi Anda yang menggunakan Windows 10, Anda akan menyadari betapa repotnya mencari aplikasi di menu Start Windows 10. Cara paling mudah untuk mengakses aplikasi yang sering digunakan adalah memasukkannya ke dalam Taskbar bahkan aplikasi yang sedang Anda jalankan ada di Taskbar. Selain aplikasi, Anda juga bisa memasukkan folder atau file yang sering Anda gunakan. Taskbar memang bukanlah hal baru di dunia Windows, namun pengembang Windows 10 Taskbar telah meningkatkan fiturnya sedemikian rupa sehingga Anda bisa menggunakan dengan nyaman. Ingin tahu cara mengutak-atiknya? Simak tulisan dari KlikFix.com yang jago menangani Laptop ASUS mati.

BANNER-BLOG-umum

1. Cara PIN Apps, Folder dan File ke Task Bar Windows 10

Windows 10 Taskbar berfungsi sebagai tempat meletakkan jalan pintas ke aplikasi, file dan folder favorit Anda. Setiap dari mereka yang dimasukkan ke Task Bar akan lebih mudah diakses dibanding Anda harus mencarinya di menu Start atau Start Screen. Anda bisa membuat shortcut ini dengan menarik ikon aplikasi yang Anda inginkan ke dalam Windows 10 Taskbar setelah itu klik “Pin to Taskbar” dan lepaskan. Jika Anda berubah pikiran mengenai icon yang di-pin ke Task Bar, Anda cukup klik kanan dan memilih “Unpin from Task Bar

Anda juga bisa pin-folder ke Task Bar. Caranya memang berbeda dengan memasukkan shortcut program. Anda perlu klik kanan pada desktop, lalu memilih perintah New terus Shortcut. Setelah itu Anda bisa masukkan “Type the location of the item” yang Anda pin ke task bar dan klik Ok. Jangan lupa memasukkan kata explorer. Contohnya: explorer C:\\Users\Pictures. Beri nama di shortcut ini lalu klik Finish. Selanjutnya Anda klik kanan pada shortcut baru Anda dan pilih “Pin to taskbar” seperti sebelumnya. Setelah itu Anda bisa menghapus shortcut yang sudah dibuat kalau Anda tidak membutuhkannya lagi.

2. PIN Folder atau file ke Jump List pada tombol Task Bar di Windows 10.

Ada cara lain mengakses folder atau file dariWindows 10 Taskbar. Anda tinggal klik kanan pada tombol Taskbar dan Anda akan melihat daftar folder, dokumen-dokumen atau webpage terbaru, sering dan disematkan. Windows 10 telah mengidentifikasi folder, halaman-halaman web dan dokumen yang sering Anda akses dari aplikasi dari memasukkannya ke Jump List. Anda juga bisa pin item sendiri ke dalam Jump List ini.

Caranya: Anda membuka FIle Explorer dan cari folder tertentu seperti Music. Setelah itu Anda menarik folder ini ke atas tombol FIle Explorer di Taskbar sampai Anda membaca pesan bertuliskan “Pin to File Explorer.” Klik dan Anda bisa melepaskan Mouse.

Anda juga bisa melakukan hal yang sama pada aplikasi seperti Words. Buka file explorer dan carilah dokumen word yang sering Anda gunakan. Tarik dokumen tersebut ke atas taskbar Microsoft Word dan lepaskan. Dokumen yang Anda tarik tadi telah disematkan ke Jump List Microsoft Word.

3. Bagaimana menggabungkan tombol Taskbar selalu, kadang-kadang atau tidak di Windows 10.

Permasalahan di Windows 10 Taskbar adalah padat. Saat Anda membuka lebih banyak aplikasi, folder dan file maka akan semkain banyak icon di taskbar dan tidak akan tampak di layar Windows yang kecil. Jangan khawatir, Anda bisa mengontrolnya.

Anda bisa klik kanan pada tombol Start >> Settings >> Personalization >> TaskBar. Carilah bagian yang bertuliskan “Combine Taskbar Buttons”. Klik pada menunya maka Anda bisa memilih di antara tiga pilihan.

Always, hide labels” berarti Windows akan menggabungkan beberapa file yang terbuka menjadi satu tombol taskbar tunggal. Misalkan Anda telah membuka tiga dokumen Word maka hanya satu tombol Taskbar untuk Word yang muncul. Saat Anda mengarahkan kursor ke tombol tersebut maka thumnail masing-masing dokumen akan muncul.

When Taskbar is full.” berarti Windows menampilkan tombol terpisah untuk setiap file yang Anda buka. Namun pada saat taskbar penuh maka ketiga tombol terpisah akan digabungkan menjadi satu.

Never” berarti tombol tidak akan pernah digabungkan, seberapa padatnya taskbar Anda.

5. Menampilkan Cortana di Task Bar Windows 10

Cara membebaskan banyak ruang pada Task Bar adalah menggunakan asisten suara, Cortana. Cortana bisa melakukan pencarian yang besar dnegan mengetikkan pertanyaan, perintah atau tugas lainnya. Namun bila Anda tidak menggunakan Search Windows atau Anda menggunakan Cortana dengan menyebut “Hei Cortana.”, maka Anda bisa menghapus Search Windows tersebut.

Caranya klik kanan di Taskbar dan memilih Cortana. Dari sana Anda akan mendapatkan tiga pilihan yaitu Hide untuk menyembunyikan entri taskbar Cortana sama sekali meski Anda bisa menggunakan Cortana dengan sara. “Show Cortana Icon” akan menampilkan icon di taskbar kecil. “Show search box” akan menampilkan kotak pencarian yang lebih besar untuk mengetikkan pertanyaan atau perintah Anda.

6. Cara mengganti ukuran ikon

Cara lain menambahkan lebih banyak tombol ke taskbar adalah dengan mengecilkannya. Anda kembali lagi ke Start >> Settings >> Personalization >> Taskbar dan aktifkan “Use Small Taskbar Button.

Wah, ternyata mengutak atik Windows 10 Task Bar membuat cara akses ke aplikasi dan file lebih efektif ya. Semoga tips ini bermanfaat buat Anda.

KlikFix.com telah melakukan banyak perbaikan laptop salah satunya ASUS. Bila laptop ASUS Mati, Anda tidak perlu panik. Anda cukup membuat janji temu dengan teknisi handal KlikFix maka teknisi akan mendatangi tempat janji temu Anda. Jadi Anda tidak perlu bermacet-macet ria di Jakarta. Klik di sini untuk membuat janji temunya ya.

Share and Enjoy