Apakah Anda mengalami performa Android Anda lebih lambat dibanding ketika Anda pertama kali memakainya? Biasanya penurunan kecepatan ini diakibatkan oleh aplikasi yang terlalu banyak di-install dan menjalankan beberapa aplkasi tersebut. Efek dari ini tidak hanya melambat namun juga baterai cepat habis, sulit transfer data, volume kecil dan akses browser melambat. Nah, supaya Android Anda semakin bagus, ayo simak 6 aplikasi peningkat performa Android.

1. SetCPU

Sesuai namanya, SetCPU akan mengatasi akar permasalahan Android yang lambat yaitu processor. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengatur pergerakan CPU. Memperlambat kecepatan processor bisa memperpanjang umur baterai namun performa dari aplikasi canggih akan melambat. Untuk beberapa gadget, aplikasi ini bahkan bisa mengatur voltase yang dikeluarkan untuk menghemat baterai.

Di SetCPU telah menyediakan sebuah profile di mana Anda yang menentukan kondisi untuk memperlambat dan mempercepat processor Anda. Misalkan, Anda ingin mengurangi kecepatan processor ketika suhu CPU bertambah tinggi. Dengan kecanggihan kemampuan aplikasi ini, Set CPU bisa Anda unduh secara gratis.

2. ROM Manager

ROM Manager yang dikembangkan oleh Koushik Dutta memungkinkan Anda untuk unduh dan install berbagai jenis ROM (Operating Systems) yang bisa meningkat performa dan fitur ke dalam gadget Anda. ROM Manager menawarkan user interface yang memudahkan untuk mengatur ROM Anda. Lewat aplikasi ini, Anda bisa menginstall CyanongenMod yang akan mempercepat performa processor Anda. Selain itu ROM Manager juga menyediakan fungsi-fungsi yang di-develop khusus dan berguna untuk Anda. Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi yang wajib diunduh dan Anda bisa memilikinya gratis atau berbayar.

3. CPU Tuner

CPU Tuner adalah aplikasi Android yang akan meningkatkan performa processor Android Anda dan baterai Anda. CPU Tuner memungkinkan Anda untuk mengurangi kecepatan processor namun aplikasi utama tetap berjalan seperti biasanya. Berbeda dengan SetCPU, Anda bisa memiliki beberapa profile yang akan melakukan bagiannya ketika sebuah kondisi terjadi dalam penggunaan Android. Fleksibilitas dari aplikasi ini membuat dia menjadi salah satu pilihan terbaik untuk meningkatkan performa smarphone.

4. SD Speed Increase

Apakah Anda bosan dengan transfer data yang pelan di SD Card Anda? Tenang, Anda bisa mengunduh aplikasi gratis ini sebagai solusi. SD Speed Increase mengingkatkan kecepatan transfer data dengan Anda meningkatkan ukuran dari SD Card Cache. Selain itu aplikasi ini memiliki user interface yang mudah digunakan. Sekalipun cache size berubah setiap kali reboot, namun Anda bisa menghindar dengan klik pada checkbox di bawah slider. SD Speed Increase hanya bisa dilakukan pada rooted device dan hanya bekerja di beberapa handphone Android.

5. AnTuTu Benchmark

AnTuTu tidak bisa meningkatkan performa Android tetapi pengecek performa. Bagi pecinta Android yang antusias akan mengetes perfoma memori telepon, kecepatan processor, kapabilitas 3D Rendering dan kecepatan membaca dan menulis di memory card. Anda juga bisa mengecek apakah games yang Anda inginkan bisa dimainkan di Android yang Anda miliki. Selain itu Anda juga bisa membandingkan hasil testing Anda dengan handphone lain.

6. Android Assistant

Android Assistant adalah aplikasi yang menyediakan berbagai fungsi untuk memonitor kesehatan Android Anda plus meningkatkan performanya. Anda akan mengetahui penggunaan CPU, total memory yang tidak digunakan dan informasi baterai. Monitor yang disediakan oleh Android Assistant itu jelas dan sangat mudah dibaca. Fungsi-fungsi menarik dari aplikasi ini adalah kemampuan membersihkan cache dan startup manager. Di aplikasi ini juga Anda bisa melakukan uninstall semua aplikasi dan operasional yang tidak diinginkan dengan hanya menekan tombol Quick Boost.
Kami berharap Android Anda bisa semakin cepat. Bila Anda membutuhkan perbaikan pada layar ASUS Zenfone 2 Rusak dan Anda sedang mencari tempat service LCD ASUS Zenfone 2 terdekat. Anda tidak perlu pusing. Jika Anda klik tautan ini, Anda bisa membuat janji dengan teknisi kami. Dan kami yang akan berkunjung ke tempat Anda. Klik and get the fix ya!