6 Cara Memperbaiki Speaker iPhone Rusak

Speaker iPhone Rusak

Apakah Anda pernah mengalami speaker iPhone rusak?  Ketika speaker iPhone Anda mati, tentu Anda tidak lagi bisa mendengarkan musik, bunyi telepon atau pesan yang masuk. Selain itu, Anda tidak dapat menghubungi orang dengan loud speaker. Kalau sudah seperti ini, aktifitas keseharian Anda pastinya cukup terganggu. Nah, kali ini Klikfix akan memberikan tips memperbaiki speaker iPhone yang rusak.
BANNER-BLOG-iPHONE

Ketika tidak ada suara dari speaker iPhone Anda, apapun tipe iPhone Anda baik iPhone 4 atau 4S maupun iPhone 5 ataupun 5S, hanya ada dua faktor yang mungkin dapat menyebabkan speaker iPhone Anda:

1. Faktor perangkat lunak (software): Aplikasi yang mengatur jenis dan waktu untuk mengeluarkan bunyi ini tidak berfungsi. Rata-rata masalah di speaker terletak pada perangkat lunak iPhone dan Anda bisa memperbaikinya sendiri di rumah.

2. Faktor perangkat keras (hardware): Kerusakan hardware speaker ini menjadi salah satu isu yang sering ditemui pemilik iPhone. Ketika salah satu komponennya rusak, maka Anda bisa mendengarkan suara statis atau tidak mendengarkan sama sekali. Dalam memperbaiki masalah di speaker iPhone, Klikfix memberikan beberapakan langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Anda perlu memastikan iPhone tidak dalam keadaan “silent”

Kerap kita terlalu terburu-buru menilai speaker iPhone rusak. Padahal Anda lupa mengubah tombol speaker dari posisi “silent” ke posisi “Ring” seperti gambar di atas. Anda bisa mendeteksi masalah ini ketika speaker Anda tidak mengeluarkan suara ketika panggilan telepon masuk namun mengeluarkan suara-suara lain saat menggunakan aplikasi.

  1. Anda bisa menaikkan volume setinggi-tingginya

Tombol volume iPhone yang tidak sengaja ditekan bisa membuat speaker kita tidak berbunyi. Hal ini biasa terjadi bagi Anda yang senang menggunakan casing. Anda bisa mendeteksinya dengan membuka casing iPhone dan menaikkan volume setinggi-tingginya. Kalau Anda tidak mendengarkan bunyi sama sekali setelah volume dinaikkan, berarti speaker iPhone rusak.

  1. Anda perlu memastikan kondisi iPhone Anda tidak dalam “Headphones Mode”

Ketika headphone Anda terkoneksi ke iPhone, semua suara yang seharusnya dikeluarkan lewat speaker diganti ke headphone. Kadang kala, iPhone mengira dirinya terkoneksi dengan headphone sehingga speaker tidak berbunyi. Anda bisa mendeteksi masalahnya dengan menaikkan dan menurunkan volume namun gambar yang ditampilkan di layar adalah headphones. Penyebab kerusakan ini adalah kotoran atau cairan yang masuk di headphone jack.

  1. Anda perlu mengecek koneksi iPhone

iPhone bisa otomatis terkoneksi kembali ke speaker Bluettoth, TV atau perangkat-perangkat lainnya. Anda bisa tidak menyadari hal itu. Jadi Anda perlu ke menu Control Center dan menonaktifkan fitur Bluetooth atau memutuskan koneksi dengan perangkat AirPlay dan mencobanya lagi.

  1. Mengembalikan iPhone ke kondisi semula

Jika langkah 1 hingga 4 tidak menjawab masalah speaker iPhone, Anda bisa “Restore” iPhone Anda. Dalam melakukan pengembalian ini, Anda perlu memastikan Anda telah back up data-data Anda terlebih dahulu. Setelah melakukan “Restore” dan langkah 1 dan 2 di atas, namun suara tetap tidak terdengar, berarti masalah tidak ada pada perangkat lunak iPhone Anda.

  1. Memperbaiki speaker iPhone Anda

Nah, ini adalah langkah terakhir. Ketika Anda telah mencoba perbaikan yang mungkin diakibatkan oleh software dan tidak berhasil, Anda bisa mengunjungi Apple Service Center terdekat. Tentunya, Anda perlu membayar biaya penggantiannya.

Itulah 6 cara memperbaiki speaker iPhone yang rusak atau tidak dapat mengeluarkan suara. Apabila cara – cara di atas belum berhasil, Anda dapat mencari bantuan penyedia jasa service iPhone. Kami menyediakan jasa perbaikan iPhone untuk berbagai kerusakan, mulai dari speaker rusak hingga data hilang. Segera hubungi kami di +6221 6386 6360. Tim teknis kami akan datang ke rumah Anda untuk melakukan pengecekan secara GRATIS.

Image Source: any-data-recovery.com

  • Abdul Wachid

    iphone 4s punya saya habis jatuh ketika ngecharge terus speakernya nggak bisa keluar suara , bagaimana solusinya ??

shares