Ipad salah satu gadget yang banyak digunakan tidak hanya dikalangan pekerja tapi juga di sekolah bahkah ibu rumah tanggapun sekarang mulai banyak yang menggunakannya, namun tidak banyak juga yang mengetahui tentang perawatan baterai ipad, tentunya jika kita rawat dengan benar maka usia baterai ipad kita juga akan dapat awet dan bertahan lama, berikut tips mudah untuk merawat baterai ipad.

Awet atau tidaknya sebuah baterai memang selalu dipertanyakan oleh pengguna gadget terutama pengguna Apple. Sebenarnya, apabila kita masih wajar dalam menggunakan sebuah baterai, tidak perlu ada penanganan khusus dalam memperpanjang umur baterai. Bagi yang masih bingugn dan ingin mengetahui bagaimana cara merawat baterai iPad, berikut ini akan dijelaskan tips-tipsnya. Simak yuk.

1. Mengatur Pencahayaan iPad

Cara menjaga baterai iPad yang paling sederhana dan efektif adalah dengan menurunkan tingkat keterangan iPad menjadi 20%–40% dan disesuaikan dengan kebutuhan. Mengatur keterangan iPad bisa melalui Settings > Brightness, atau melalui multitasking tray dengan tekan Home button 2 kali.

Apabila menggunakan iOS 5.1, memunculkan multitasking tray bisa dengan swipe 4 jari ke atas diikuti swipe ke kiri. Jangan lupa nyalakan Auto-Brightness agar iPad menyesuaikan keterangan berdasarkan pencahayaan di sekitar Anda berada.

2. Selektif Dalam Menyalakan Push Notifications

Sebaiknya jika Anda pengguna produk Apple terutama iPad, Anda harus selektif dalam menyalakan notifikasi agar dapat menghemat baterai iPad. Anda juga bisa menghilangkan distraksi dari iPad sehingga bisa lebih tenang dan fokus dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Nyalakan notifikasi hanya untuk aplikasi-aplikasi penting yang memang membutuhkan perhatian seperti Mail, Messages, dan media sosial tertentu.

3. Menggunakan Airplane Mode

Sesuai dengan namanya, Airplane Mode digunakan ketika Anda berada di dalam pesawat. Airplane Mode juga dapat digunakan pada keadaan dimana tidak tersedia koneksi Wi-Fi. Dengan menyalakan Airplane Mode, semua koneksi seperti selular, Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan Location Services akan dimatikan. Ini sangat berguna sekali untuk menghemat baterai iPad.

4. Lebih Baik Colok ke Stopkontak Terlebih Dahulu

Cara charge iPad yang benar adalah dengan menancapkan charger ke stopkontak terlebih dahulu, baru setelah itu colok ke iPad. Mengapa demikian? Jika menancapkan ke ponsel terlebih dahulu baru ke stopkontak, secara teori akan menghasilkan tegangan kejut. Bila berlangsung setiap kali mengisi baterai, maka baterai cenderung lebih cepat rusak. Berbeda halnya bila ditancapkan ke stopkontak dahulu, tegangan kejut yang terjadi sangat kecil. Namun, bila sudah selesai mencharge, yang dicabut terlebih dahulu adalah sambungan di iPad, baru yang di stopkontak.

5. Melakukan Software Update

Usahakan untuk selalu menggunakan iOS terbaru dari Apple. Seperti pada iOS 5.0.1 terdapat bugs yang membuat baterai menjadi lebih boros. Setelah update ke iOS 5.1, baterai iPad akan bertahan lebih lama sebesar ±20 persen dari biasanya. Bagi para pengguna iOS 5 ke atas, melakukan Software Update cukup melalui General > Software Update. Sedangkan pengguna iOS 5 ke bawah harus melalui iTunes untuk melakukan Software Update.

6. Menjaga Suhu Baterai iPad

Apple menyatakan bahwa produk iPad dapat bekerja pada suhu di antara 0°C s/d 35°C. Namun, suhu ideal untuk baterai iPad adalah sekitar 22°C. Bagi Anda pengguna iPad, disarankan untuk tidak meninggalkan iPad di tempat yang terlalu panas seperti di dalam mobil pada saat diparkir. Hal ini menyebabkan baterai iPad cepat panas dan cepat rusak.

Itulah beberapa tips yang dapat diberikan untuk pengguna iPad agar baterai tidak cepat rusak dan dapat bertahan lebih lama dari biasanya. iPad seharusnya membuat aktivitas pengguna menjadi lebih sederhana dan menyenangkan, bukan disibukkan dengan baterainya yang boros.
Apabila baterai iPad Anda rusak dan boros, Anda tak perlu bingung bagaimana cara memperbaikinya. Cukup menghubungi tim KlikFix, iPad Anda akan benar kembali.

Klikfix
Jasa Service iPhone Termurah Serta dapat Diantar Jemput Khusus Jabodetabek
iPhone Anda rusak? Mau benerin tapi gak punya waktu? Klikfix aja, Teknisi Kami langsung datang kemanapun Anda berada. Bergaransi, dan hanya bayar ketika iPhone Anda selesai diperbaiki, Pesan Jasa Service iPhone