Sejak iOS 9 diperkenalkan ke publik di bulan September 2015 lalu, operating system di iPhone, iPod dan iPad ini bukannya tanpa masalah. Salah satu masalah yang cukup besar bagi pemilik iPhone adalah tidak berfungsinya wifi yang artinya Anda tidak bisa memiliki koneksi internet di luar jaringan selular Anda. Memahami kebutuhan Anda, Klikfix mau membagikan tips menyalakan wifi iPhone rusak. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Reboot iPhone, iPad, Modem dan Router

Klikfix menyadari bagi pemilik lama iPhone akan melakukan reboot terlebih dahulu. Tetapi pemilik baru iPhone semakin banyak, jadi prosedur ini mungkin terlupakan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan reboot pada modem dan router yang terkoneksi di telepon genggam Anda.

  1. Forget Wi-Fi Network

Sudah Anda mencoba Forget Wi-Fi Network? Anda bisa ke Setting >> Wi-Fi Option >> Pilih network yang iPhone Anda sedang terhubung. Anda perlu menekan network tersebut dan layar akan memunculkan pilihan Forget This Network. Tekanlah pilihan tersebut. Setelah itu, Anda bisa menghubungkan kembali ke Wi-Fi network tadi dan memasukkan password.

  1. Reset network setting

Kalau kedua langkah di atas tidak juga menyelesaikan masalah Wi-Fi Anda, maka Anda bisa mencoba opsi yang satu ini. Namun, Anda perlu mengetahui, reset bisa mengakibatkan semua data Wi-Fi dan jaringan telepon Anda hilang. Caranya adalah Setting >> General >> Reset Network Setting. Anda perlu melakukan konfirmasi reset ketika diminta.

  1. Mengaktifkan atau menonaktifkan Wi-Fi Assist

Wi-Fi Assist adalah fitur terbaru dari iOS 9. Fungsinya adalah mengganti Wi-Fi network ke jaringan telepon atau mobile data ketika koneksi Wi-Fi lagi buruk. Dan Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan dengan cara Setting >> Cellular >> Wi-Fi Assist.

  1. Mengubah DNS ke OpenDNS atau Google DNS

Kecepatan atau koneksi Internet tidak selalu stabil. Oleh sebab itu, Anda bisa mengubah DNS Server ke Open DNS atau Google DNS. Caranya adalah Setting >> Wi-FI >> Pilih network yang sedang Anda gunakan. Setelah itu Anda akan melihat penjelasan seperti IP Address, Subnet Mask, Router, DNS. Anda klik pada angka di DNS lalu ganti ke Google DNS di Primary DNS dan Seconday DNS seperti ini (8. 8. 8. 8, 8.8.4.4 atau Anda bisa memasukan openDNS (208. 67. 222. 123, 208. 67. 220. 123)

  1. Mematikan Location Services

Mematikan Location Services bisa menjadi salah satu alternatif supaya iPhone terkoneksi ke Wi-Fi. Caranya adalah Setting >> Privacy >> Location Services >> System Services >> Wi-Fi Networking. Pilihlah tombol Off dan reboot iPhone Anda.

  1. Melakukan instalasi iOS 9 lewat iTunes

Instalasi atau upgrade ke iOS 9 sebaiknya dilakukan via iTunes untuk mencegah permasalahan Wi-Fi

  1. Downgrade Operating System ke iOS 8.

Apabila semua langkah sudah dilakukan dan Wi-Fi iPhone Anda tetap bermasalah, Anda bisa downgrade ke iOS 8.4.1.

Itulah 8 tips memperbaiki wifi iPhone yang tidak bisa menyala. Apabila Anda masih mengalami kesulitan, tim teknis kami siap membantu. Klikfix menyediakan layanan memperbaiki kerusakan wifi iPhone dengan harga yang sangat terjangkau. Silahkan menghubungi kami di sini. Semoga bermanfaat.