8 Cara Merawat Gadget Agar Terlihat Seperti Baru

Cara Membershikan Gadget

Bukan hal tabu lagi apabila seseorang menganggap gadget layaknya pasangan hidup masing – masing. Kehadiran gadget membuat kita terbantu dalam segala urusan agar lebih mudah dikerjakan. Karena kita kerap membutuhkan kehadiran gadget, tak jarang pula gadget selalu terbawa kemanapun kita pergi. Hal ini tentu membuat gadget kita menjadi kusam dan kotor. Andai kita dapat mencucinya di bawah keran air, namun ini tidak akan mungkin terjadi sebab dapat menimbulkan konsleting yang berujung pada rusaknya gadget itu sendiri.

Merawat gadget tak boleh sembarangan, terutama membersihkannya. Ada beberapa trik khusus yang dapat kamu lakukan supaya gadget dapat terlihat seperti baru. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang yang seharusnya menjadi tabungan, sekarang kita dapat mencoba beberapa trik tentang cara merawat gadget agar terlihat seperti baru. Simak baik – baik ya sobat

1. Samarkan goresan pada layar menggunakan pasta gigi

Pasta gigi tak melulu digunakan untuk membersihkan gigi. Karena sering membawa handphone kemana – mana, handphone menjadi rentan tergores pada bagian layar. Hal ini dapat diatasi dengan cara mengoleskan sedikit pasta gigi pada layar kemudian gosoklah perlahan menggunakan kain yang halus.
Meski tak dapat membuatnya kembali utuh lagi namun bekas goresan yang berhasil tersamarkan membuat layarmu tampil layaknya handphone baru lagi. Selang beberapa waktu, semprotkan cairan pembersih agar layar handphone mu terlihat mengkilat seperti baru.

2. Gunakan kain microfiber untuk membersihkan layar gadget

Agar membersihkan layar menjadi lebih maksimal, gunakan kain microfiber yang biasanya kita gunakan untuk membrsihkan kaca mata. Biasanya, kain microfiber selain dapat membersihkan dengan bersih, kain jenis ini tidak meninggalkan bekas goresan pada layar.

3. Bersihkan debu disela keyboard menggunakan kuas dandan

Keyboard merupakan salah satu bagian komputer yang amat kotor. Bagaimana tidak? Sering kali kita dapati banyak debu dan kotoran di sela keyboard kita. Nah, untuk membersihkan keyboard, kita bisa gunakan kuas dandan seperti blush on atau semisalnya. Tapi jangan lupa ya sobat, pastikan dulu kuasmu dalam keadaan bersih. Dengan cara ini, debu dan kotoran yang ada pada sela keyboard dengan mudah kita singkirkan.

4. Membersihkan sela keyboard menggunakan cotton bud

Selain menggunakan kuas, kita juga dapat menggunakan cotton bud untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang ada pada sela keyboard kita. Apabila tak menemukan kuas dandan yang notabennya milik perempuan, cotton bud bisa menjadi pilihan pengganti. Pastikan kita memilih cotton bud dengan ukuran kepala yang besar ya, lalu bersihkan debu – dan kotoran yang ada dengan cara menyelipkan cotton bud kedalam sela keyboard. Gampang kan?

5. Tempelkan selotip pada bagian permukaan keyboard.

Selain cotton bud dan kuas dandan, selotip dapat kita gunakan sebagai alat pembersih berikutnya. Dengan menggunakan selotip kita dapat mengangkat kotoran di permukaan keyboard sekaligus di sela – sela keyboard. Dengan cara menempelkan selotip pada permukaan keyboard noda, debu dan kotoran akan terangkat dan hasilnya keyboard yang tadinya kotor akan Nampak seperti baru lagi.

6. Resep sederhana pembersih layar

Agar bakteri dan kotoran pada layar menghilang, gunakan resep sederhana ini. Layar monitor yang terlihat kusam dan kotor dapat diatasi dengan cairan pembersih yang kita buat dengan bahan yang mudah didapat ini. Ada 2 alternatif resep untuk membuat cairan pembersih yaitu : air dengan cuka atau alcohol dengan air. Kita dapat meraciknya sendiri dengan takaran 50 : 50. Ramuan sederhana ini dapat menjadikan layar gadgetmu seperti kamera, laptop, handphone, dan lainnya kembali mengkilat seperti sedia kala. Praktis bukan?

7. Gunakan kuas untuk membersihkan lubang yang ada pada handphone

Mulai sekarang, berhentilah membersihkan lubang pada handphone seperti speaker, lubang earphone dan lubang charger dengan cara ditiup. Hal ini bisa jadi memperparah keadaan, sebab selain dapat mendorong debu lebih masuk, terkadang air ludak secara tidak sadar ikut terbawa masuk kedalam lubang. Mulailah untuk membersihkan lubang – lubang tersebut dengan menggunakan kuas ataupun k=cotton bud seperti pada poin sebelumnya.

8. Tak hanya gadget, aksesoris tambahan seperti earphone juga perlu dibersihkan

Perangkat yang satu ini paling rentan terkena kuman, sebab sering kali kita menggunakannya dengan cara bergantian dengan orang lain. Disamping itu, sering kali kita meletakkan earphone pada tempat yang berdebu, hasilnya earphone pun menjadi kotor dan tak nyaman lagi untuk digunakan. Untuk mengatasi kotoran pada earphone dapat kita gunakan sikat gigi dengan cara menggosokkan pada bagian yang kotor. Untuk urusan kuman, gunakan cotton bud yang dicelupkan sedikit alkohol untuk menjadikannya kembali steril dari kuman.

Mudah bukan? Tanpa perlu biaya mahal, cara di atas juga mudah untuk kita praktekkan di rumah. Gadget sudah seperti sahabat yang menemani kita kemanapun, untuk itu perlu kita rawat agar tetap nyaman digunakan. Selamat mencoba.

Image Source: www.designboom.com

shares