Sejak iOS 10 muncul di pasaran, Baterai iOS yang cepat habis menjadi masalah bagi pemiliknya. Untungnya, permasalahan ini sudah memiliki solusi yang memadai. Apakah itu? Berikut ini adalah 9 cara mengatasi baterai iOS cepat lowbat.

1. Mengecek aplikasi Anda

Sebelum Anda menyalahkan iOS 10 sebagai pembuat onar di kehidupan baterai iPhone Anda, Anda perlu mengecek aplikasi-aplikasi yang mungkin menggunakan daya baterai Anda. Caranya? Anda ke Settings >> Battery dan membaca Battery Usage. Di sana Anda akan melihat aplikasi apa yang paling banyak mengkonsumsi penggunaan baterai. Jika Anda melihat ada kejanggalan pada aplikasi tersebut, Anda bisa ke App Stores untuk update. Apabila gagal, Anda bisa uninstalling atau reinstalling aplikasi tersebut.

2. Menggunakan Low Power Mode

Jika Anda belum pernah menggunakan fitur iOS: Low Power Mode, Anda bisa mencoba mengaktifkannya. Dengan mengaktifkan fitur ini, baterai Anda bisa beratahan 10%-20% dibanding biasanya. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, Anda bisa menggunakan Settings >> Battery >> Low Power Mode >> On.

3. Menggunakan Airplane Mode

Jika daya baterai iPhone cepat menurun, Anda mungkin di area yang memiliki coverage sinyal yang buruk karena iPhone akan berusaha keras mencari sinyal terus menerus. Jika kondisi ini terjadi, inilah waktu yang tepat untuk mengaktifkan Airplane Mode hingga memasuki area dengan coverage sinyal yang bagus. Anda bisa menemukan Airplane Mode di bagian atas Settings iPhone.

4. Menonaktifkan iCloud Keychain

Bila Anda menggunakan iCloud Keychain, Anda bisa menonaktifkan untuk menghemat nyawa baterai. Caranya Settings >> iCloud >> Keychain >> Toggle iCloud Keychain ke off. Jika tidak ada perubahan yang signifikan, Anda bisa mengaktifkannya kembali.

5. Mengurangi Background App Refresh

Background App Refresh dibutuhkan jika Anda memiliki aplikasi yang menampilkan data terbaru. Bila Anda tidak memiliki aplikasi seperti itu, Anda bisa mematikan dengan Settings >> General >> Background >> App Refresh >> Turn off untuk menghemat baterai.

6. Mengatur Cahaya di Tampilan iPhone

iPhone memiliki fitur auto-brightness yaitu fitur yang memiliki sensor untuk mendeteksi cahaya di sekitar iPhone Anda. Tujuan sensor ini adalah iPhone bisa memberikan terang yang tepat untuk kenyamanan Anda membaca. Bila Anda tidak membutuhkan fitur ini, Anda bisa menonaktifkan supaya baterai iOS tidak gampang habis.

7. Restart iPhone

Anda bisa melakukan restart untuk menyembuhkan masalah baterai Anda. Anda cukup menekan tombol Power selama beberapa detik lalu swipe untuk mematikan iPhone Anda. Lalu Anda menekan tombol Power lagi untuk mengaktifkan iPhone kembali.

8. Reset All Settings

Jika semua cara di atas gagal, maka Anda perlu Reset All Settings. Namun Anda perlu mencatat password semua WiFi terlebih dahulu karena data Anda akan hilang. Cara melakukan reset adalah Anda bisa ke Settings >> General >> Reset >> Reset All Settings dan memasukkan passcode.

9. Restore Update iOS 10

Cara ini merupakan pilihan terakhir karena langkah ini akan menghapus semua data untuk sementara dan membutuhkan beberapa saat sehingga iPhone Anda bisa berfungsi kembali. Cara melakukan restore ini adalah:

  1. Mencolok iPhone untuk backup data-data di komputer atau iCloud
  2. Mematikan fitur Find My iPhone
  3. Klik Restore di iTunes
  4. Ikutan langkah-langkah yang diberikan maka iOS 10 akan diinstall kembali ke iPhone Anda
  5. Setelah selesai, Anda klik Restore from Backup untuk memasukkan semua data ke iPhone atau memilih Set Up As New iPhone

Semoga 9 cara mengatasi baterai iOS cepat lowbat ini bisa memperbaiki baterai iOS Anda yang bermasalah. Jika permasalahan tetap terjadi dan Anda butuh ganti baterai iPhone 6 drop, Anda bisa mengunjungi KlikFix.