Alasan iPhone Mati Sendiri secara mendadak


KlikFix – Pernah mengalami iPhone tiba-tiba mati padahal sebelumnya baik-baik saja. Masalah iPhone mati sendiri atau yang sering disebut dengan bootloop ini memang banyak terjadi. Hal ini bisa saja terjadi, bahkan ketika tidak ada masalah sebelumnya. iPhone tiba-tiba mati total dan hanya menampilkan logo Apple dilayar. Jika Anda mengalami hal ini jangan langsung panik, karena bukan hanya Anda yang mengalaminya melainkan banyak pengguna yang sudah mengalami masalah bootloop ini. Lalu apa sih penyebab dari iPhone bootloop ini? nah, kami akan membahanya pada ulasan artikel berikut.

iPhone mati sendiri

Masalah bootloop ini termasuk masalah umum yang banyak terjadi pada ponsel pintar, bukan hanya iPhone saja tapi smartphone dengan merek lainnya juga mengalami hal yang sama. Anda tak perlu khawatir, masalah bootloop ini masih bisa diperbaiki. Akan tetapi, sebelum membahas mengenai cara mengatasi masalah bootloop ini, kita perlu tahukan apa yang menyebabkan terjadinya bootloop.

Beberapa penyebab ponsel mengalami bootloop.

  • Hardware rusak.

Masalah hp matot alias bootloop ini dapat disebabkan karena hardware yang rusak. Mungkin ada salah satu hardware iPhone yang mengalami kerusakan sehingga iPhone gagal booting dan hanya menampilkan logo Apple di layar.

  • Masalah software

Selain hardware, masalah bootloop juga bisa disebabkan karena adanya masalah software. Biasanya hal ini terjadi karena iOS mengalami gagal update misalnya saja karena sinyal internet habis atau baterai habis ketiga proses install sedang berjalan. Sehingga perangkat gagal booting dan hanya menampakkan logo Apple atau bahkan mati total.

Nah, lalu bagaimana cara memperbaiki ponsel yang mengalami bootloop?

Ketika iPhone Anda mengalami bootloop atau iPhone mati sendiri, maka untuk langkah awal sebaiknya Anda tak perlu melakukan service terlebih dahulu. Anda bisa melakukan cara-cara sederhana dan mudah yang mungkin dapat mengatasi masalah bootloop pada iPhone ini.

  1. Restart atau Reboot. Cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan merestart atau mereboot perangkat Anda. biasanya ketika iPhone mengalami bootloop maka di layar hanya muncul logo Apple saja. Nah, untuk menyalakannya Anda harus merestartnya secara paksa yaitu dengan menahan tombol Sleep/Wake dan tombol Home secara bersama. Dengan begitu, iPhone akan merestart secara paksa namun tak perlu khawatir karena data iPhone tidak akan hilang.
  2. Charge Baterai. Ketika iPhone tiba-tiba mati total, kemungkinan ada masalah yang ada pada softwarenya. Namun untuk memastikannya Anda bisa mengeceknya dengan cara mencharge baterai iPhone Anda. Jika sofware atau sistem iOS atau hardware iPhone tidak bermasalah maka ketika Anda isi baterainya, maka iOS akan langsung menyala sebagai tanda bahwa baterai sedang diisi.
  3. Masuk ke Recovery Mode. iPhone mu masih tetap tidak bisa menyala? Anda mungkin bisa melakukan cara ketiga ini yaitu mesuk ke recovery mode. Mode ini adalah mode untuk restore iPhone. Ketika Anda masuk ke mode tersebut maka akan muncul logo iTunes dan kabel Lightning. Jika sistem masih berfungsi maka Anda bisa masuk ke mode ini meskipun iPhone sedang mato total.
  4. Restore iPhone. Kamu juga bisa melakukan restore iPhone dan menyambungkan iPhone ke Mac. Akan muncuk kotak dialog kemudian pilih Restore untuk melakukan pemulihan dan install ulang iOS dari awal.

Bagaimana? Sudahkah Anda coba? Atau masih tetap tidak mau menyala? Jika iya, maka lebih baik Anda bawa ke service center atau bisa juga ke KlikFix.com untuk memperbaiki masalah hp matot atau iPhone mati sendiri ini. Terimakasih.

shares