Awas! Chrysaor Malware Menyerang Android

Chrysaor Malware

KlikFix.com – Waduh, serangan Malware pasti selalu ada. Aplikasi yang jahat ini dengan senang hati dikirimkan ke pengguna Android dan gadget lainnya untuk merusaknya. Setiap tahunnya selalu ada Malware yang tercipta. Kali ini KlikFix.com mendapat sebuah berita kalau Malware baru kembali menyerang Android. Seperti apa rupanya? Anda perlu klik di sini.

popup-diskon

Malware yang merupakan singkatan dari malicious software adalah aplikasi yang bertujuan untuk mengganggu operandi mobile atau komputer. Dia bisa mengambil informasi Anda seperti data email dan kartu kredit Anda. Privasi sistem handphone Anda akan diakses atau mengirimkan iklan-iklan yang tidak Anda inginkan. Buruknya aplikasi ini selalu menempel ke bagian dari aplikasi yang tidak bisa dihapus. Akibat dari Malware ini, aplikasi Anda akan rusak, program sistem bahkan merusak sistem boot.

Malware sendiri terdiri dari banyak jenis seperti virus, worms, trojan horses, ransom ware, spyware, adware, scareware dan masih banyak lagi. Malware juga sering dikira aplikasi yang tidak berbahaya dan Anda tidak bisa mendeteksinya kecuali dengan Anti Virus. Dia kadang datang dengan email atau terunduh bersama aplikasi yang Anda inginkan. Sejak tahun 2011, malware yang paling banyak berkembang adalah worms yang bisa multiplikasi data atau trojan horses.

Nah, jika perangkat lunak yang jahat ini bisa masuk ke Android Anda, tentunya data di handphone dan sistemnya bisa bermasalah. Baru-baru ini, peneliti keamanan dari pihak Google dan Lookout memperingatkan adanya malware baru yang mereka klai sebagai salah satu serangan handphone paling canggih dan terarah yang pernah ada. Malware ini bernama Chrysaor Malware dan digunakan untuk mematai-matai segala aktivis hak asasi manusia di Uni Emirat Arab. Malware ini pertama kalinya dikembangkan dengan memanfaatkan iOS zero-day yang dikenal sebagai Pegasus dan sekarang malware versi Android nya yang lebih berbahaya telah ditemukan.

Setelah aplikasi ini terinstal, malware memungkinkan peretas untuk memata-matai informasi dan kegiatan seperti panggilan, teks, email dan kamera. Mereka bahkan bisa mengetahui tombol yang Anda ketik pada perangkat Anda. Anda tidak bisa membayangkan kalau Anda mengetik hal-hal yang bersifat rahasia di handphone. Tentunya Anda tidak ingin malware ini meretas di Android Anda.

Malware versi iOS dan Android juga memiliki beberapa perbedaan. Versi iOS pertama kali dikembangkan ke perangkat jailbreak dan mengekploitasi iOS Zero-day dalam tiga tahapan. Eksplotasi ini pada dasarnya hanyalah sebuah hacks yang mengekspos kerentanan kecil pada kode perangkat. Permasalahan ini pun telah diselesaikan oleh pihak Apple di bulan Agustus sehingga hack ini tidak lagi berfungsi.

Di Android, Chrysaor Malware bekerja agak berbeda. Jika dia belum bisa mencapai akar dari telepon, dia akan meminta izin kepada pengguna yang tidak memahami teknologi untuk memberi akses pencurian data mereka. Malware ini juga dibuat bisa menghilang dari aplikasinya sendiri jika terlihat. Jadi Anda tidak akan menyadari handphone Anda telah diretas.

Chrysaor Malware sendiri tidak memperbanyak diri di dalam handphone tetapi bisa menghancurkan jika terpasang di Android Anda. Bagaimana Anda bisa menghindari dari malware yang berbahaya ini? Para peneliti ini mencatat tidak ada aplikasi yang memiliki Chrysaor Malware yang ditemukan di Google Play. Jadi pengguna harus menghindari pengunduhan perangkat lunak dari toko aplikasi pihak ketiga. Jadi Google Play akan selalu tempat eramat untuk mengunduh dan memasang aplikasi di ponsel Android Anda. Tidak hanya itu, Google juga telah menghubungi pengguna yang menurutnya terinfeksi malware. Kalau Anda tidak menerima informasi apapun, berarti Android Anda tidak bermasalah.

Kalau sampai malware telah menyerang handphone, apa yang perlu kita lakukan? Agar data di dalam handphone Anda tidak rusak, kami menyarankan Anda untuk ke Sony Xperia Service Center Jakarta atau KlikFix.com bila perjalanan Anda terlalu jauh. Klik di sini untuk mencari lebih tahu mengenai layanan kami.

Share and Enjoy