Bahaya Kecanduan Game dan Cara Mengatasinya

kecanduan game

KlikFix.com – Anak pada zaman sekarang ini sudah tidak asing lagi dengan teknologi dan game. Tinggal pilih saja, baik itu komputer PC, komputer tablet, play station, hingga bermacam jenis smartphone yang dimiliki orangtua di rumah tentu  sudah sering dimainkan oleh anaknya. Namun tentu saja terlalu banyak bermain game dapat mengganggu proses tumbuh kembang anak, kali ini KlikFix.com  sebagai jasa servis mac dan jasa service macbook akan menyampaikan beberapa bahaya akibat kecanduan game online :

  1. Masalah sosialisasi.

Karena lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain dengan game dan bukan dengan manusia, anak Anda akan merasa canggung dan kurang nyaman ketika datang kesempatan untuk bersosialiasi dengan temannya.

  1. Masalah komunikasi.

Kegiatan berkomunikasi bukan hanya sebatas berbicara dan mendengarkan kalimat yang terucap, namun juga membaca ekspresi lawan bicara. Anak yang kurang dalam bersosialisasi umumnya akan kesulitan melakukan hal ini.

  1. Berkurangnya empati.

Banyak anak yang menyukai jenis game yang melibatkan kekerasan, seperti game perang, martial art, dan lain-lainya. Dampak dari memainkan jenis game ini yaitu terjadinya agresivitas anak dan berkurangnya empati si kecil terhadap orang lain di sekitarnya.

  1. Gangguan motorik.

Tubuh yang tidak aktif bergerak akan mengurangi kesempatan anak untuk melatih kemampuan motorik yang dimilikinya. Dampaknya, anak dapat  terserang obesitas dan pertumbuhan tinggi badannya kurang maksimal.

  1. Gangguan kesehatan.

Menatap layar video games secara terus menerus dalam waktu lama dapat  membuat terjadi rasa sakit kepala, nyeri leher, gangguan tidur, serta gangguan penglihatan.

Cara Mengatasi Anak dari Kecanduan Game

Bermain game memang sulit dilepaskan dari keseharian anak saat ini, sehingga tidak sedikit pula yang tanpa tau sudah menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer atau gadget. Bermain game memang dapat membuat anak kecanduan.  Kecanduan game itu bisa memberikan dampak buruk pada anak, entah itu yang sifatnya jangka pendek ataupun panjang. Saat anak bermain game , otaknya akan berhenti memproduksi endorfin, yakni hormon  yang telah menciptakan perasaan bahagia dan menjaga kekebalan tubuh.

Dampak jangka pendek akibat anak kecanduan  bermain game , antara lain mereka dapat mengalami gangguan tidur, tidak nafsu makan, dan lupa waktu. Sementara dampak jangka panjangnya yaitu kesehatan anak akan menurun karena kurang tidur dan makan, mengalami stress, menjadi lebih emosional, dan sulit untuk bersosialisasi secara langsung dengan teman di sekitarnya.

Jika anak menunjukkan gejala kecanduan game maka Anda sebagai orang tua bisa menerapkan beberapa hal ini ;

  1. Anda bisa mengajak anak Anda untuk berbincang, membahas tentang banyak hal di luar game dan internet. Waktu yang tepat untuk melalukan ini yaitu ketika makan malam bersama, atau saat libur.
  2. Buat aturan supaya ketika jam makan malam, semua anggota harus ada di meja makan. Gunakan akses internet yang sehat di rumah dengan cara berhenti menggunakan jaringan Wi-Fi pada waktu tertentu.
  3. Buat persetujuan dengan semua anggota keluarga bahwa 30 menit sebelum masuk waktu tidur, semua alat elektronik harus dalam keadaan mati. Hal ini penting supaya anak bisa tidur nyenyak tanpa gangguan, serta melatih anak agar disiplin. Katakan kepada anak untuk tidak memainkan gadget apa saja pada waktu yang Anda tentukan. Contohnya, akhir pekan, atau ketika makan malam dan pada saat ada acara keluarga. Sesekali Anda bisa bermain bersama anak, guna mengetahui minat yang membuat ia suka dengan game tersebut.

Itu tadi penjelasan dari KlikFix.com sebagai jasa service mac dan service macbook mengenai bahaya kecanduan game. Sebagai orang tua Anda sebaiknya memperhatikan hal ini agar nantinya anak tidak mengalami resiko yang akan terjadi.

shares