Mungkin anda sudah terbiasa apabila menghapus file pada komputer dan cara menghapus file di komputer juga cukup mudah. Namun seringkali file yang sudah terhapus akan meninggalkan jejak. Cara hapus file pada mac atau macbook juga bisa dengan mudah anda lakukan, baik menggunakan aplikasi bawaan atau aplikasi tambahan. Karena memang ada beberapa aplkasi tambahan yang bisa digunakan untuk menghapus file sampai benar-benar bersih. Jika anda ingin mengetahuinya, anda bisa menyimak bahasan berikut. Mari simak.

Beberapa Cara Hapus File Pada Mac atau Macbook

Untuk cara hapus file pada mac memang ada beberapa metode atau langkah yang bisa digunakan.

 

  1. Menggunakan CleanMyMac

Sebenarnya aplikasi ini digunakan untuk menghapus file sampah pada mac atau macbook. Namun tidak usah bingung, CleanMyMac menyediakan fitur yang bisa menghapus file tanpa meninggalkan jejak yaitu fitur Shredder.

Cara mendaatkan aplikasi CleanMyMac ini cukup dengan download aplikasi pada App Store. Setelah itu ikuti langkah berikut.

  • Buka aplikasi CleanMyMac pada mac atau macbook anda. Kemudian anda akan melihat menu Shredder.
  • Setelah itu anda perlu mengklik tombol select file. Ya, tujuannya untuk memilih file mana saja yang akan anda hapus.
  • Jika anda sudah memilih file yang akan dihapus, langsung saja anda hapus file-file tersebut.
  • Proses penghapusan file agak sedikit memakan waktu karena aplikasi ini menghapus file sampai pada akarnya.

 

  1. Menghapus File pada Trash Can

Selanjutnya anda bisa menghapus file pada trash can. Karena pada trash can ada banyak file yang ternyata belum terhapus sepenuhnya. Biasanya file pada trash can baru akan terhapus setelah 30 hari dari tanggal penghapusan. Namun berikut ada cara untuk menghapus file pada trash can secara otomatis.

  • Pertama pastikan terlebih dahulu macOS anda menggunakan macOS Sierra 10.12. Karena fitur ini tidak tersedia pada macOS seri sebelumnya.
  • Lalu anda perlu masuk ke Finder – Preference – Advanced. Disitu anda akan menemukan berbagai macam pengaturan Finder yang akan anda gunakan.
  • Kemudian anda cek pada pilihan hapus items dari tong sampah setelah 30 hari. Anda hilangkan tanda ceklis pada pilihan tersebut.
  • Nah, sekarang anda bisa mencoba menghapus file pada macbook anda. File yang anda pilih akan secara otomatis tertampung pada trash can.
  • Tunggu setelah 30 hari, anda akan melihat file anda akan terhapus secara otomatis tanpa anda harus menghapus file secara manual.

 

  1. Menggunakan Delete Now

Cara hapus file atau cara hapus folder pada komputer mac yang kedua yaitu dengan menggunakan delete now. anda tidak perlu lagi menghapus file melalui trash. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara menghapus file lewat delete now.

  • Pertama anda perlu memasang Delete Now terlebih dahulu dengan menekan tombol Command + Shift + G.
  • Setelah itu anda perlu menyalinnya pada folder ~/Library/Services.
  • Simbol ~ berfungsi untuk home folder yang akan anda gunakan. Apabila anda belum memiliki folder services, anda perlu membuatnya terlebih dahulu.
  • Delete Now sekarang bisa digunakan dengan klik kanan pada menu services.

 

Beberapa cara hapus file yang bisa anda lakukan pada mac atau macbook sudah diterangkan diatas dengan sangat jelas. Solusi dari salah satu masalah anda sudah terjawab. Lalu bagaimana dengan masalah lain yang mungkin sedang anda alami seperti mac rusak, tidak mau menyala, dan lain sebagainya. Anda mendapatkan solusi terbaik jika anda membawanya ke klikfix.com. Karena pada klikfix.com anda bisa service gadget atau mac anda dengan jaminan garansi 60 hari.

Klikfix
Jasa Service iPhone Termurah Serta dapat Diantar Jemput Khusus Jabodetabek
iPhone Anda rusak? Mau benerin tapi gak punya waktu? Klikfix aja, Teknisi Kami langsung datang kemanapun Anda berada. Bergaransi, dan hanya bayar ketika iPhone Anda selesai diperbaiki, Pesan Jasa Service iPhone