Hampir semua pengguna gadget pada era sekarang mengetahui fitur gadget yang satu ini yaitu screenshot. Screenshot adalah tangkapan layar yang bisa anda simpan di gallery dalam bentuk foto atau gambar, sehingga memudahkan anda untuk bisa menunjukkan bagian tertentu yang ingin and jelaskan.

Ada berbagai macam cara mengambil screenshot di komputer mac. Mac adalah salah satu produk laptop dari Apple yang tentunya dengan berbagai kelebihan daripada laptop biasa. Berikut akan dijelaskan berbagai cara screenshot macbook air. Simak ulasannya.

Berbagai Cara Mengambil Screenshot di Komputer Mac

  1. Screenshot Seluruh Permukaan Layar

Berikut yang bisa anda lakukan apabila anda ingin screenshot dengan seluruh permukaan layar.

 

  • Pertama anda cukup menekan tombol Shift + Command + 3 secara bersamaan.
  • Kemudian anda bisa melihat hasil screenshot di mac pada desktop, biasanya dengan nama file Screen Shot dan tercantum tanggal dan waktu. Dengan format dokumen gambar .png.

 

  1. Screenshot di Bagian Pilihan

Cara yang kedua ini adalah cara screenshot sebagian di mac, tidak pada keseluruhan layar . Berikut langkahnya.

 

  • Langkah pertama yang bisa anda lakukan yaitu menekan Shift + Command + 4. Apabila anda sudah melakukan langkah tersebut, pointer pada macbook anda akan berubah menjadi crosshair atau tanda + dan ada lingkaran di bagian dalamnya.
  • Kemudian tekan dan klik kiri pada mouse sambil ditahan. Lalu pilih bagian layar yang akan dijadikan screenshot.
  • Setelah langkah kedua selesai, hasil screenshot akan ditampilkan di Dekstop.

 

  1. Screenshot Satu Jendela Aplikasi

Cara yang ketiga adalah cara yang bisa anda lakukan apabila ingin melakukan screenshot hanya pada satu jendela aplikasi saja. Dan ada kelebihan dari cara ini yaitu akan ada efek shadow pada hasil gambar screenshot. Simak langkahnya.

 

  • Pertama, dengan cara menekan tombol Shift + Command + 4 sampai ikon pnah berubah menjadi crosshair. Lalu kemudian anda tekan space dan akan berubah menjadi gambar kamera.
  • Selanjutnya letakkan ikon kamera tersebut pada jendela aplikasi yang ingin anda screenshot.
  • Lalu klik kiri pada mouse dan anda langsung bisa mengambil gambar screenshot. Hasilnya akan ditampilkan pada Dekstop.

 

  1. Screenshot dengan Menggunakan Timer

Pada cara yang satu ini, anda bisa melakukan screenshot dengan mengunakan timer secara otomatis. Berikut langkah-langkahnya.

 

  • Pertama anda buka aplikasi Grab. Caranya yaitu buka Application – Utilities – Grab.
  • Kemudian akan muncul beberapa pilihan pada menu bar, lalu anda pilih Capture – Timed Screen atau anda bisa menggunakan Command + Shift + Z.
  • Selanjutnya anda tekan Start Timer untuk memulai hitung mundur pengambilan screenshot.
  • Hasil screenshot tidak secara otomatis disimpan di desktop, anda bisa memilih mana saja yang akan di simpan.

 

  1. Screenshot Touch Bar

Screenshot dengan cara menggunakan Touch Bar hany bisa support pada MacBook Pro dengan macOS Sierra 10.12.2, berikut langkah screenshot macbook pro.

 

  • Langkah pertama hampir sama dengan langkah sebelumnya yaitu dengan menekan tombol Shift + Comman + 6.
  • Hasil screenshot akan secara otomatis tampil di Dekstop.

 

Setelah anda mengetahui cara mengambil screenshot di komputer mac, anda bisa langsung menerapkannya. Dan apabila anda memiliki masalah pada macbook atau pada laptop anda, bisa langsung menghubungi klikfix.com. Untuk jasa service gadget dengan pelayanan ramah, menyenangkan, dan hasil memuskan, klikfix.com adalah jawaban dari semua keresahan anda. Semua masalah gadget anda teratasi dengan sempurna. Kunjungi langsung websitenya untuk lebih banyak informasi.

 

Klikfix
Jasa Service iPhone Termurah Serta dapat Diantar Jemput Khusus Jabodetabek
iPhone Anda rusak? Mau benerin tapi gak punya waktu? Klikfix aja, Teknisi Kami langsung datang kemanapun Anda berada. Bergaransi, dan hanya bayar ketika iPhone Anda selesai diperbaiki, Pesan Jasa Service iPhone