Anda pasti pernah mengalami penyimpanan pada mac masih kurang. Untuk itu anda memutuskan untuk menyimpan sebagian data yang tidak bisa anda simpan pada harddisk eksternal. Karena menyimpan di flashdisk pun dirasa masih sangat kurang mengingat kapasitas flashdisk yang terbatas. Namun terkadang muncul masalah kalau hardisk eksternal tidak terbaca di mac. Masalah ini dapat teratasi jika anda tahu cara agar harddisk eksternal bisa digunakan di mac dan windows. Salah satu solusinya adalah dengan membuat partisi khusus pada setiap sistem operasi. Simak ulasannya.

Cara Agar Harddisk Eksternal Bisa Digunakan di Mac dan Windows

Untuk bisa dibaca di windows maupun mac, sebenarnya ada format khusus yaitu ExFAT. Namun format ini disarankan untuk dihindari. Memang sangat disarankan untuk menggunakan format sesuai dengan sistem operasi agar hardisk bisa terbaca. Cara format hardisk external di mac juga cukup mudah. Apabila anda ingin menggunakan harddisk pada mac, harus memformatnya sesuai format OS X. Begitu sebaliknya jika anda ingin menggunakannya pada sistem windows. Berikut langkah membuat partisi dari OS X.

  1. Pertama yang anda lakukan apabila hardisk external tidak terbaca sama sekali sampai harus membuat partisi, anda perlu mencolokkan harddisk eksternal tersebut. Kemudian anda buka tool dengan nama Disk Utility. Disk Utility ini berfungsi untuk membuat partisi dengan mudah.
  2. Cara yang kedua setelah harddisk anda sudah tecolok, segera anda format harddisk untuk macbook pada format OS X. Lalu anda hanya perlu menunggu sampi format selesai.
  3. Langkah yang ketiga adalah anda klik pada pilihan partisi. Dalam pilihan partisi ini, anda dapat membuat partisi yang baru. Termasuk juga anda bisa membuat nama partisi baru, ukuran penyimpanan, sampai format yang akan dipilih dan dipakai.
  4. Setelah itu anda bisa membuat beberapa partisi. Misal anda membuat 3 partisi yaitu partisi untuk OS X, Time Machine, Windows. Format yang digunakan untuk OS X dan Time Machine adalah OS X,  sedangkan windows gunakan format ExFAT.
  5. Kemudian anda hanya perlu menunggu proses partisi tersebut sampai selesai. Dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Jangan mencoba untuk mengklik apapun selama proses pembuatan partisi belum benar benar selesai.
  6. Sebagai informasi tambahan. Untuk partisi windows bisa langsung di format ke format NTFS dilakukan melalui windows. Anda bisa masuk pada windows lewat boot camp atau anda bisa melepaskan harddisk kemudian lakukan format partisi yang sama pada windows lain. Dan format NTFS lebih disarankan daripada ExFAT.
  7. Lalu setelah semua selesai, anda buka Finder pada OS X. Maka disana anda akan menemukan 3 partisi. Anda bisa baca dan tulis pada partisi format OS X, namun pada format NTFS anda hanya bisa melakukan baca saja.

Berikut tadi adalah cara agar harddisk eksternal bisa digunakan di Mac dan Windows yang sudah diulas secara cukup jelas. Agar anda tidak perlu bingung lagi apabila terjadi masalah harddisk eksternal yang tak terbaca atau tak bisa digunakan pada computer anda. Namun jika anda mempunyai masalah yang lebih serius dan perlu dibawa ke jasa service, anda cukup membawanya ke klikfix.com. Semua masalah yang anda alami akan ditangani dengan sebaik mungkin dan harga terjangkau. Hanya klikfix.com yang memberikan solusi terbaik.

Klikfix
Jasa Service iPhone Termurah Serta dapat Diantar Jemput Khusus Jabodetabek
iPhone Anda rusak? Mau benerin tapi gak punya waktu? Klikfix aja, Teknisi Kami langsung datang kemanapun Anda berada. Bergaransi, dan hanya bayar ketika iPhone Anda selesai diperbaiki, Pesan Jasa Service iPhone