Jenis iPhone SU dan FU seringkali membuat orang pensaran untuk mengetahui perbedaan yang sebenarnya melekat pada kedua iPhone tersebut. Sehingga orang cenderung tertarik untuk mengetahui cara cek iPhone SU atu FU miliknya. Dengan demikian, maka Anda harus memahami pengetahuan dasar tentang Iphone SU dan FU.

Informasi mengenai cara cek iPhone SU atau FU sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk lebih mudah mengetahui apa sebenarnya iPhone SU dan FU tersebut. Apa kepanjangan dari singkatan SU dan FU? SU adalah software unlocked, sedangkan Fu yaitu factory unlocked. Yang menjadi pembeda jenis iPhone biasanya adalah penggunaan GSM atau SIM Card yang ada di iPhone. Jika unlocked maka SIM Card tersebut dapat digunakan dimana saja asalkan mash sama-sama. Sedangkan untuk GSM Locked maka yang digunakan hanya satu jenis GSM saja. Untuk mengulas lebih lanjut lagi, maka simaklah informasi berikut ini :

Perbedaan dan Cara Cek iPhone SU atau FU

  1. Jenis iPhone SU

Apabila dilihat dari kegunaannya secara fisik semua iPhone memang terlihat sama. Akan tetapi sebenarnya iPhone memiliki dua jenis yang berbeda. Dua jenis tersebut yaitu SU ( software unlock ) dan FU ( factory unlock ).iPhone SU ( software unlock ) merupakan jenis iPhone yang memiliki kontrak terikat di suatu negara, jadi apabila Anda ingin menggunakan SIM card, maka haruslah merupakan produk yang dikeluarkan oleh operator tersebut dan tidak bisa seenaknya memasang kartu, hal ini merupakan kelemahan iphone SU. Harga dari iPhone SU juga terbilang cukup murah dibandingkan dengan harga Iphone FU.

  1. Jenis iPhone FU

Jenis iPhone FU ( factory unlock) yaitu jenis yang tidak memiliki keterikatan dengan kontrak manapun, sehingga Anda dapat bebas memilih dan menggunakan SIM card jenis apapun. Akan tetapi memang harga yang ditawarkan untuk jenis iPhone ini memang sedikit lebih mahal. Hal ini mungkin disebabkan karena penggunaannya tidak harus terpatok dengan satu SIM card saja. Untuk mengetahui jenis apa iPhone yang dimiliki, maka Anda dapat cek status iPhone lewat imei.

  1. Langkah Mengubah Status iPhone Menjadi FU

Jika ingin merubah status iPhone Anda menjadi FU atau cara unlock iPhone SU, maka perhatikan dan cobalah langkah berikut dengan teliti.

  • Untuk melihat cara cek iPhone SU atau FU, maka cari terlebih dulu nomor imei iPhone Anda atau buka menu setting kemudian klik general lalu about.
  • Atau dengan mengunjungi IMEI.info kemudian nomor IMEI dimasukkan. Fitur ini akan menampilkan informasi mengenai iPhone Anda.
  • Pada bagian bawah terdapat tulisan “Free simlock status check”, kemudian sentuh tombol tersebut.
  • Setelah nomor imei dicocokkan dengan database iPhone Anda yang sudah di unlock. Maka akan menampilkan status unlocked.

Dengan demikian, maka sudah pasti iPhone Anda adalah FU dan apabila ketika mencoba ternyata statusnya Fales, mungkin karena iPhone Anda memang adalah jenis FU.

  1. Cek Online Imei Anda

Apabila Anda penasaran dengan apa jenis iPhone yang Anda miliki saata ini, maka ada cara yang sangat mudah untuk mengeceknya melalui via online. Dan langkah tersebut yaitu sebagai berikut :

  • Pastikan bahwa iPhone Anda tersambung dengan akses internet, kemudian buka alamat iphoneimei.info
  • Dan untuk mencari tahu berapa iPhone imei number Anda, maka buka menu Setting lalu tekan General dan scrool ke bagian bawah sampai menemukan tulisan imei.
  • Setelah itu klik imei pada iPhone Anda.
  • Isi form yang ada di website dengan memaukkan nomor imei.
  • Kemudian lihatlah keterangan Sim lock pada bagian paling bawah
  • Apabila pada keterangan tersebut menunjukkan kata locked maka iPhone adalah jenis SU, sedangkan jika unlocked maka berarti iPhone Anda merupakan jenis FU.

Sangat mudah bukan untuk mengetahui cara cek iPhone SU atau FU? Cara yang disediakan di atas sangatlah membuat lebih mengerti dan memahami bagaimana cara mengetahui apa jenis iPhone yang Anda miliki. Tetapi apabila tidak ingin terlalu pusing memikirkan langkah-langkh tersebut yang mungkin agak sedikit rumit, maka Anda bisa menggunakan jasa klikfix.com untuk membantu mengetahui jenis iPhone Anda.