Salah satu produk yang di keluarkan Apple adalah computer Mac dan MacBook. Apple memang selalu berbeda dengan yang lain. Seri MacBook Air juga bermacam-macam seperti komputer merk lain. Tidak hanya sistem operasi yang berbeda, namun cara cek kerusakan hardware mac juga berbeda dari komputer biasa.

Ada metode tersendiri untuk mengidentifikasi kerusakan pada Mac. Metode yang biasa dipakai adalah Apple Diagnostic, fungsinya adalah untuk menguji ada atau tidak kerusakan pada hardware. Cukup mudah menggunakan Apple Diagonstics ini, berikut caranya.

Beberapa Cara Cek Kerusakan Hardware Mac dengan Apple Diagnostics

Untuk cek kerusakan hardware pada Mac dengan menggunakan Apple Diagnostics ada beberapa langkah yang harus diperhatikan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan  adalah  memastikan semua perangkat eksernal dan periteral sudah dilepas. Sedangkan untuk pengguna iMac, jangan sampai anda melepaskan sambungan mouse dan keyboard.
  2. Langkah kedua yang harus di perhatikan adalah aliran listrik. Anda harus memastikan aliran listrik tidak mati pada saat anda melakukan proses pengecekan dengan Apple Diagnostics. Sedikit tips yang mungkin bisa anda terapkan.

Apabila menggunakan Mac desktop,  siapkan power supply untuk menghindari jika sewaktu-waktu listrik mati.

Dan tips untuk pengguna MacBook adalah anda bisa mengisi penuh terlebih dahulu baterai MacBook.

  1. Kemudian langkah yang ketiga , anda perlu mematikan Mac atau MacBook terlebih dahulu sebelum diagnosa hardware dimulai. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  2. Selanjutnya nyalakan Mac, lalu tekan dan sedikit tahan tombol huruf “D” pada keyboard. Tahan tombol tersebut agak lama sampai muncul tampilan pemilihan bahasa pada layar.
  3. Apabila sudah memilih bahasa dan bahasa sudah dikenali, maka Anda bisa langsung melihat pengecekan hardware diproses. Ini berarti juga proses diagnosa dimulai.
  4. Untuk proses MacBook Pro Diagnostics test memang sedikit lama, tapi tidak perlu khawatir karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Anda harus menunggu sampai semuanya benar-benar selesai.
  5. Jika semua sudah selesai,  Apple akan mengirimkan kode referensi error yang terjadi pada hardware apabila ada masalah pada Mac Anda.
  6. Namun tak usah khawatir, Anda bisa melakukan pengujian kembali dengan cara menekan Command + R, melakukan restart atau mematikan Mac, kemudian melihat rincian masalah pada hardware.
  7. Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mencari kode error tersebut di internet. Biasanya di internet sudah banyak orang review tentang masalah yang sama beserta solusinya.
  8. Apabila anda tidak menemukan solusi, sedangkan kerusakan hardware tersebut cukup parah dan mengganggu. Anda bisa langsung membawanya ke service center atau jasa service gadget untuk test hardware MacBook Pro.

Sekarang anda tak perlu bingung lagi tentang bagaimana cara cek kerusakan hardware mac. Namun apabila hardware Mac  mengalami kerusakan yang cukup serius, sebaikny bawa Mac Anda ke klikfix.com. Dengan pelayanan terbaik dan teknisi yang memiliki jam terbang tinggi, tidak perlu ragu untuk mempercayakan mac Anda pada klikfix.com. Anda bisa langsung membuka websitenya untuk tahu cara pelayanan dan bisa langsung cek harga service.

Klikfix
Jasa Service iPhone Termurah Serta dapat Diantar Jemput Khusus Jabodetabek
iPhone Anda rusak? Mau benerin tapi gak punya waktu? Klikfix aja, Teknisi Kami langsung datang kemanapun Anda berada. Bergaransi, dan hanya bayar ketika iPhone Anda selesai diperbaiki, Pesan Jasa Service iPhone