Mencolokkan hardisk eksternal atau flashdisk ke mac atau macbook sangat mudah. Namun untuk melepas atau eject hardisk eksternal tidak asal main cabut saja. Mengapa? Sebab bisa berakibat kerusakan pada mac maupun hardisk eksternal itu sendiri. Cara eject hardisk eksternal di mac dan macbook dengan cara eject flashdisk di macbook hampir sama. Inilah cara eject hardisk yang benar dan aman: 

Cara Eject Hardisk Eksternal di Mac dan Macbook dengan Benar

Eject hardisk eksternal di Mac dan MacBook cukup mudah, namun sedikit berbeda dengan cara eject hardisk eksternal pada computer atau laptop biasa karena tampilan desktop dan OS yang tidak sama. Simak penjelasan langkah-langkah dari cara eject hardisk eksternal pada Mac atau Macbook anda.

  1. Eject Melalui Dekstop

Cara pertama yang bisa anda pakai dalam proses eject hardisk eksternal pada mac atau macbook adalah lewat desktop. Berikut penjelasan langkahnya.

  • Pastikan hard disk eksternal anda terbaca pada Mac dan MacBook. Jika hard disk eksternal  sudah terbaca di Mac dan MacBook , akan muncul ikon partisi hardisk di desktop atau pada aplikasi macOS atau finder OS X.
  • Anda tinggal klik kanan pada ikon partisi hard disk dan klik eject jika sudah selesai menggunakan hard disk eksternal. 
  • Jika mencolokkan lebih dari satu hard disk, Anda bisa memilih partisi mana yang akan di-eject. Anda bisa eject beberapa partisi atau sekaligus semuanya bersamaan 
  • Tunggu sampai proses eject hardisk eksternal benar-benar selesai. Proses eject biasanya membutuhkan waktu beberapa menit. Cara memastikan proses eject selesai adalah menghilangnya ikon partisi pada desktop atau Finder. 
  • Setelah ikon partisi hard disk menghilang, baru cabut hard disk eksternal Anda. Sekali lagi pastikan ikon partisi sudah hilang sebelum mencabut hard disk eksternal dari Mac atau MacBook. 

 

  1. Eject Melalui Menu Bar

Cara yang kedua dalam eject hardisk eksternal adalah melalui menu bar. Eject hardisk eksternal melalui menu bar juga cukup mudah. Berikut langkah-langkah yang harus di ikuti.

  • Pertama, Anda masuk ke Finder. Lalu anda pilih folder /system/library/CoreServices/Menu Extras
  • Kedua, setelah masuk folder tersebut carilah berkas dengan nama “Eject.menu” lalu klik sebanyak 2 kali.
  • Ketiga, setelah selesai maka di menu bar akan muncul ikon eject.
  • Dengan begitu, hardisk eksternal sudah di-eject dan bisa dilepas dari Mac atau MacBook.

Anda sudah mendapatkan jawaban dari cara eject hardisk eksternal di mac dan macbook. Tentu Anda tetap membutuhkan  jasa service Mac termurah tetapi dengan kualitas tinggi. Karena kerusakan bisa terjadi kapan saja tanpa  terduga.  klikfix.com hadir untuk Anda . Anda bisa mengecek terlebih dahulu harga jasa service sesuai dengan kerusakan gadget. Percayakan gadget anda pada klikfix.com.

Klikfix
Jasa Service iPhone Termurah Serta dapat Diantar Jemput Khusus Jabodetabek
iPhone Anda rusak? Mau benerin tapi gak punya waktu? Klikfix aja, Teknisi Kami langsung datang kemanapun Anda berada. Bergaransi, dan hanya bayar ketika iPhone Anda selesai diperbaiki, Pesan Jasa Service iPhone