Cara Jitu Mengatasi Smartphone Tidak Ada Sinyal

Cara Mengatasi Smartphone Tidak Ada Sinyal

Sinyal handphone merupakan bagian yang sangat penting. Karena pada dasarnya, sinyal yang memampukan kita sebagai pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain, lewat sms maupun media sosial. Nah, lantas bagaimana kalau tiba-tiba handphone kalian tidak ada sinyal? Apa penyebab masalah signal handphone sebenarnya? Ternyata kita bisa menganalisanya melalui dua penyebab loh guys. Di antaranya adalah pada handphone dan service provider. Untuk memastikan, berikut ini beberapa cara jitu mengatasi smartphone tidak ada sinyal.

Masalah pada handphone

Ketika mengalami kehilangan sinyal pada handphone, kita sering bingung untuk memeriksa bagian apa pada handphone kita. Nah, langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah mengecek simcard. Salah satu kemungkinan terhadap masalah signal hp bisa berasal dari simcard yang bergeser dari kawat penghubung lempengan simcard sehingga sinyal tidak dapat diterima dengan baik.

  1. Antena

Kemungkinan lainnya adalah antena. Di setiap handphone kita ternyata tersedia antena yang seiring berkembangkannya jaman antena tersebut sangatlah diperkecil ukurannya. Nah, bisa jadi handphone kalian yang sering jatuh atau pernah terkena air menjadikan handphone sukar untuk menerima sinyal.

  1. Ganti Mode Jaringan

Kalian dapat mencoba untuk memastikan masalah sinyal pada handphone dengan mengganti mode jaringan. Bisa ke mode pesawat atau mode jaringan biasa. Jika kalian mengubah ke mode pesawat, selanjutnya kalian perlu restart handphone kalian dan melihat apakah sinyal akan kembali bekerja dengan baik. Sedangkan mode jaringan biasa adalah pengubahan jaringan WCDMA, GSM, 2G, 3G, 4G atau LTE.

  1. Factory Reset

Bila sinyal handphone masih tak bekerja dengan baik, hal terakhir yang patut dicoba adalah mereset “pabrik” smartphone kalian alian factory reset. Hal ini karena kemungkinan besar telah terjadi kerusakan sistem yang berhubungan dengan penerimaan sinyal. Sebelum mereset, pastikan kalian telah mem-backup data-data penting.

Masalah pada Service Provider

Selain masalah handphone, tak jarang service provider turut bermasalah.

  1. Kondisi Ruangan

Nah, hal pertama jika tidak ada sinyal karena service provider biasanya ditandai dengan kondisi ruangan. Ruangan seperti basement atau tertutup dan kedap udara dapat menyebabkan sinyal susah diterima. Meskipun sinyal dan beberapa notifikasi pesan masih bisa masuk, tak dapat dipungkiri bila keadaan sinyal tetaplah tidak penuh. Jadi, kalian sebaiknya keluar ruangan sementara jika hendak melakukan komunikasi.

  1. Cuaca

Cuaca alam juga menyebabkan terhalangnya sinyal diterima oleh handphone kita. Pasalnya, sinyal dihantarkan oleh ion positif di udara. Jika terjadi hujan, hal tersebut akan mengganggu susunan ion dan menghambat sinyal.

  1. Blank Spot

Terakhir, coba pastikan kalian sedang berada di daerah desa pelosok atau pedalaman atau tidak. Pasalnya, hal ini dapat mendeteksi apakah kalian berada di Blank Spot atau tidak. Blank Spot sendiri adalah dimana daerah tidak terjangkau oleh gelombang operator. Dengan begini, kalian disarankan menggunakan service provider yang terkenal memiliki jaringan luas dan kuat.

Sudah paham bukan apa saja yang perlu kalian lakukan dalam mengatasi masalah signal handphone? Semoga bermanfaat.

Image Source:

  • http://www.pcadvisor.co.uk/news/mobile-phone/why-do-i-get-no-phone-signal-on-train-3580334/
shares