Di jaman teknologi yang berkembang pesat seperti ini, siapa sih yang tidak menggunakan smartphone? Selain memiliki smartphone yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi baik SMS maupun telepon dan berbagai media sosial, kalian pasti memanfaatkannya untuk berfoto, membuat video bahkan bermain game-game berat. Hal itu tentu berpotensi besar menghabiskan kapasitas memori handphone. Apabila kita tidak tahu bagaimana cara memaksimalkan pemakaian memori internal smartphone kita, maka besar kemungkinan akan menganggu jalannya aplikasi – aplikasi lain di smartphone kita.

Ketika membuka banyak aplikasi secara bersamaan, atau ketika bermain game, secara khusus memori internal-lah yang akan terkena imbasnya. Pasalnya seluruh aplikasi yang diunduh dan banyak data lain disimpan dalam memori internal. Lalu, bagaimana jika memori internal handphone kalian terlampau kecil? Jelas hal ini dapat memperlambat kinerja smartphone kalian.

Mungkin sudah banyak dari kalian mengetahui jika membackup foto, video maupun data lainnya dapat menambah kapasitas memory internal. Selain itu, penggunaan memori eksternal juga begitu dianjurkan agar kita lebih leluasa menyimpan banyak data. Tapi, kali ini bakal dibagikan beberapa trik-trik sederhana yang bakal bermanfaat untuk menambah kapasitas memory internal handphone kalian. Simak satu per satu yuk.

  1. Aplikasi Pihak Ketiga

Cara menambah memory internal dengan aplikasi pihak ketiga telah membuktikan mampu memaksimalkan pemakaian memori handphone. Beberapa aplikasi yang dapat kalian coba adalah layanan berbasis Cloud seperti Dropbox, Google Photos untuk menyimpan file berupa foto dan video maupun Google Drive untuk file berupa dokumen. Hal ini bisa jadi cukup menguntungkan lho. Kalian tidak perlu menambah kartu memori begitu besar untuk mengunduh aplikasi ini. Bahkan dengan aplikasi berbasis Cloud ini dapat menjamin ‘keselamatan’ data kalian daripada menyimpannya secara manual dalam memori handphone biasa.

  1. Hindari Install Aplikasi Dan Game Berat

Meskipun kalian sudah berusaha semaksimal mungkin menambah kapasitas memory internal, kalian harus tetap peka terhadap smartphone kalian. Google Play Store yang mampu menyediakan berbagai aplikasi dan game-game modern, belum tentu handphone kalian mampu. Malahan, kebanyakan aplikasi dan game berat bisa jadi membuat handphone kalian nge-lag­. Jadi, lebih baik kalau kalian mengunduh aplikasi-aplikasi yang penting dan benar-benar digunakan.

  1. Resolusi Kamera

Apa hubungannya memori handphone dan resolusi kamera? Tentu ada. Di setiap smartphone, akan diberikan pilihan resolusi pada pengaturan kamera. Untuk menghemat memori internal sendiri, kalian dapat memilih resolusi yang tidak maksimal maupun minimal. Misalnya nih, ketika memiliki resolusi sebesar 13 MP dengan minimal 2 MP, kalian dapat memilih di antaranya sebagai hasil terbaik namun tak membuang memori internal kalian secara cuma-cuma.

  1. Matikan Mode Auto Download (Unduh Otomatis)

Beberapa aplikasi seperti WhatsApp dan Google Play Store menawarkan pilihan kepada kita untuk mengunduh maupun pembaharuan secara otomatis. Jika dalam WhatsApp dapat mengunduh foto dan video secara otomatis, pada Google Play Store dapat memperbaharui apilkasi-aplikasi handphone secara otomatis. Namun, tanpa disadari hal ini membuat memori handphone kita tersedot dan cepat habis. Nah, untuk menghindarinya, cukup matikan auto-download pada pengaturan di setiap aplikasi.

  1. Tak Perlu Simpan Banyak Lagu

Buat kalian penggemar musik, pasti susah ya untuk menahan diri ketika mengunduh lagu-lagu baru dan menyimpannya dalam memori handphone. Namun, dengan file berupa musik dengan besar data yang berbeda-beda, hal itu dapat memakan ruang penyimpanan memori internal. Sebagai alternatif, kalian bisa menggunakan aplikasi seperti Spotify atau JOOX yang mampu menyimpan lagu. Bahkan kalian akan mendapat update lagu terkini lho.

  1. Hapus Pesan Lama

Selain menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai secara maksimal, kalian dianjurkan menghapus pesan-pesan lama yang telah dibaca. Tak hanya pesan SMS namun menghapus pesan dari berbagai aplikasi seperti WhatsApp atau BBM dapat kalian lakukan dengan teratur untuk mengontrol sekaligus memaksimalkan memori internal kalian.

Nah, kira-kira begitu trik sederhana yang bisa dilakukan untuk menambah kapasitas memory internal pada smartphone kalian selain dengan kartu memori eksternal.