Jika anda pengguna iPhone, pasti menginginkan suara kamera yang bisa dimatikan. Karena suara kamera membuat anda agak terganggu jika sedang selfie atau berfoto dengan teman dan keluarga. Apabila kamera iPhone anda tetap mengeluarkan suara, bisa jadi yang anda gunakan adalah iPhone Jepang. Biasanya iPhone Jepang tidak bisa silent kamera hal ini bertujuan untuk menghindari anda memotret diam-diam.

Satu-satunya jalan adalah dengan cara melakukan jailbreak dan modifikasi file sistem. Tetapi ada cara mematikan suara kamera iPhone dengan cara yang lebih aman. Jadi sebaiknya anda jangan melakukan jailbreak sendiri apabila anda tidak paham betul caranya karena bisa merusak iPhone anda. Berikut akan dibahas cara-caranya.

Cara Mematikan Suara Kamera iPhone Tanpa Jailbreak

Anda mungkin belum tahu cara mematikan bunyi kamera iPhone jika tidak bisa dengan tombol mute. Sebaiknya anda perhatikan cara-cara berikut agar anda tidak salah dalam mematikan suara kamera iPhone.

  1. Menggunakan Assistive Touch

  • Cara mematikan suara kamera iphone yang tidak bisa mati yang pertama yaitu, anda buka pengaturan pada iPhone. Kemudian pada pengaturan tersebut anda pilih General. Setelah masuk pad menu General, pilihlah Accesibility lalu anda pilih AssistiveTouch.
  • Setelah anda masuk pada menu AssistiveTouch, anda perlu mengaktifkan fitur AssistiveTouch tersebut sampai berwarna hijau.
  • Sesudah anda melakukan cara kedua tadi, kemudian anda memilih menu Customize Top Level.
  • Pada menu Customize Top Level, anda pilih tombol + yang terletak pada pojok bawah bagian kanan untuk ada menambah menu yang baru pada menu AssistiveTouch.
  • Dari kumpulan daftar yang telah ada, anda bisa menambahkan perintah Mute.
  • Setelah anda menambahkan perintah Mute pada AssistiveTouch, anda tinggal menekan menu mute tersebut untuk mematikan suara pada kamera iPhone.

  1. Menggunakan Aplikasi Music

  • Cara yang pertama adalah buka aplikasi music yang terdapat pada iPhone.
  • Kemudian anda putar musik sesuai dengan lagu yang anda pilih untuk di putar. Kondisikan volume music yang sedang di putar sampai pada volume 0.
  • Lalu biarkan music untuk tetap berjalan, dan anda tekan tombol home.
  • Selanjutnya anda buka kamera iPhone, gunakn kamera anda untuk memotret gambar. Maka kamera anda akan silent atau tanpa suara.

 

  1. Menggunakan Notifikasi Center

  • Buka aplikasi kamera di iPhone anda.
  • Kemudian anda cukup focus ke obyek yang akan anda potret.
  • Langkah selanjutnya adalah anda swipe dari bawah notifikasi center, lalu foto obyek dengan cara menekan tombol volume di samping kiri iPhone.
  • Maka anda memotret gambar dengan kamera tanpa suara atau silent.

 

  1. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara yang terakhir yang bisa digunakan adalah dengan menambahkan aplikasi silent camera iPhone. Adalah Secret Camera, aplikasi yang bisa di download pada App Store. Namun aplikasi ini berbayar, sekitar $ 1.99. Setelah anda sudah memasang aplikasi ini, anda bisa langsung menggunakannya  pada mute mode. Maka kamera iPhone anda akan tanpa suara atau silent. Tenang saja, aplikasi ini tidak berpengaruh sama sekali pada aplikasi bawaan.

Begitulah ulasan diatas tentang cara mematikan suara kamera iPhone yang bisa anda lakukan tanpa harus melakukan jailbreak. Jika iPhone anda mengalami kerusakan karena jailbreak, anda bisa langsung mengunjungi klikfix.com. Segala macam masalah pada gadget anda akan teratasi dengan aman dan nyaman. Cukup menghubungi nomor telepon atau melalui website untuk memakai jasa service gadget pada klikfix.com.