Saat ini, manusia sangat cekatan dalam membuat replika suatu barang terlebih produk ponsel. Kita tahu iPhone adalah produk milik Apple yang dimana replikanya akan dibuat sangat mirip mulai dari sistem iOS, processor dan bahan material yang digunakan sehingga kita sulit membedakanya. Anda tidak perlu takut, kali ini kita akan mengulas cara membedakan iPhone asli dan palsu yang paling ampuh.

Ada berbagai ciri-ciri iPhone palsu atau refurbish yang dapat anda perhatikan ketika hendak membeli iPhone. Jika anda teliti sebelum membeli, perbedaan iPhone refurbished dan orisinil dapat anda temukan. Simak rangkuman selengkapnya dibawah ini ya!

3 Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu Secara Fisik 

 

  1. Cermati Material Casing yang Digunakan dan Harga Iphone

Mengapa cara ini dapat membuktikan palsu atau tidaknya iPhone? Kita tahu bahwa semua produk Apple merupakan produk kelas premium dan tidak sembarangan dalam membuat suatu barang.  Iphone juga bergaransi platinum service center dan hanya iPhone yang asli saja yang memiliki garansi ini. Bagaimana cara membedakan iPhone asli dan palsu secara fisik jika dilihat dari segi casing? Ikuti langkahnya berikut ini :

  • Jika anda sudah memilih mana yang akan dibeli, cek lah bagian casing belakang iPhone tersebut. Iphone yang asli akan terlihat lebih terang daripada yang palsu
  • Perhatikan logo gigitan Apple dibelakang casing, jika iPhone anda palsu maka logo gigitan Apple tersebut agak menjorok kedalam dan build quality sangat tidak nyaman jika disentuh.
  • Perhatikan juga, logo gigitan Apple pada iPhone itu rata dengan casing jika iPhone anda asli.
  • Lihatlah bentuk iPhone anda, jika iPhone anda asli, maka bentuh tubuh iPhone anda akan lebih terlihat lebih tipis daripada yang palsu.
  • Langkah selanjutnya, jika iPhone anda asli maka akan terasa agak lebih berat dan terkesan kokoh dibandingkan dengan iPhone palsu.
  • Lihat harga iPhone yang anda beli, jika iPhone anda palsu maka harga akan cenderung lebih murah dan harga yang ditawarkan sangat merosot jauh dari harga aslinya.

 

  1. Lihat Dengan Seksama Teknologi Layar iPhone Anda

iPhone rekondisi bagus tidak sih? Semua kembali kepada anda. iPhone menggunakan teknologi yang sangat canggih dan terkenal yaitu Retina Clear Black Display. Teknologi ini dapat memberikan layar iPhone anda akan jauh lebih tajam dibandingkan yang lain. Ini merupakan cara membedakan iPhone asli dan palsu secara fisik kedua yang dapat anda cermati dengan baik. Perhatikan langkah-langkah dibawah ini :

  • Anda harus memahami bahwa retina display di setiap pixel tidak dapat dilihat dengan mata kita jadi coba lihatlah dari jarak yang cukup jauh.
  • Jika anda menemukan Dead Pixel pada iPhone anda maka pasti iPhone itu adalah barang palsu atau Refurbish.

 

  1. Cek dari Pengambilan Screenshoot Khusus

Ini merupakan cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengetahui cara membedakan iPhone asli dan palsu secara fisik. Ciri-ciri iPhone rekondisi biasanya tidak bisa melakukan Screenshoot seperti Iphone asli. Bagaimana cara untuk mengetahuinya? Coba langkah-langkah dibawah ini:

  • Ambil iPhone anda dan letakkan jari anda pada tombol Power dan Home Botton.
  • Tekanlah tombol Power+Home dalam waktu yang bersamaan.
  • Lihatlah, apakah iPhone anda dapat menscreenshoot? Jika iya selamat anda dapat bernafas lega iPhone anda dipastikan asli.

Gimana? iPhone yang anda miliki itu asli atau palsu hayo? Jika anda masih ragu, anda dapat menanyakanya ke situs Klikfix.com yang akan menjawab semua permsalahan anda semua!