Saat ini penggunaan handphone tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu tidak salah, jika saat ini muncul banyak sekali merk dan kualitas handphone beredar di masyarakat. Mulai dari handphone yang berkualitas baik hingga kualitas ada kabur. Bahkan sekarang ini banyak sekali kasus pemalsuan merk yang dilakukan oleh pedagang untuk memper oleh keuntungan yang berlipat. Pedagang biasa memalsukan handphone dengan mengganti casing dari handphone tersebut. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai aduan kasus di kepolisian tentang counter atau penjual handphone yang memalsukan dagangannya. Diperkuat pula dengan banyaknya video beredar tentang bagaimana cara pelaku memalsukan handphone di Instagram ataupun Youtube.

Selain dengan mengganti casing pelaku pemalsuan juga biasa mengganti perangkat penting dalam handphone tersebut seperti LCD. Dengan iming-iming harga yang lebih murah. Handphone palsu tersebut cepat laku di pasaran. Namun, dari sekian banyak jenis handphone merk yang sering sekali dipalsukan adalah Samsung.

Yah… memang tidak salah jika Samsung merupakan merk handphone yang paling sering dipalsukan di Indonesia. Mengingat Samsung merupakan merk handphone dengan penjualan nomor 1 di Indonesia. Pengguna biasanya tertarik dengan Samsung karena fitur dari smartphone tersebut cukuplah lengkap dan mendukung aktivitas dalam keseharian serta memiliki ketahanan fisik yang cukup kuat dibandingkan dengan merk handphone lain.

Berikut merupakan cara membedakan Samsung asli atau palsu supaya Anda tidak terkecoh atau tertipu saat membeli merk handphone ini:

  1. Harga Samsung asli dipastikan lebih mahal dibanding dengan Samsung yang replika atau palsu.
  2. Pada Samsung asli terdapat tulisan SAMSUNG bila dipegang halus dan tidak timbul, jika pada Samsung palsu terdapat tulisan SAMSUNG lebih kasar dan timbul.
  3. LCD pada Samsung asli memiliki warna dan ketajaman gambar lebih bagus, bila pada handphone Samsung palsu warna dan ketajamannya cenderung mirip dengan handphone yang kurang berkualitas lainnya.
  4. Ketika Samsung dinyalakan atau dihidupkan, pada handphone samsung yang asli terdapat tulisan Samsung dan logonya tidak patah-patah, sedangkan pada handphone Samsung palsu cenderung tulisan Samsung atau logo Samsung yang muncul terlihat patah-patah.
  5. Tombol tengah handphone Samsung asli saat dipencet atau ditekan akan terasa empuk, sedangkan pada Samsung palsu akan terasa agak keras.
  6. Tombol sisi samping handphone Samsung asli ketika dipencet / ditekan terasa lebih empuk, sedangkan pada handphone Samsung palsu terasa sedikit kasar.
  7. Cek kode keaslian handphone samsung dengan cara ketik *#0*# pada papan tombol HandPhone Samsung yang akan dibeli. Jika Samsung tersebut asli, maka kurang lebih akan muncul beberapa pilihan menu seperti cek warna layar meliputi : red, blue green dan lain sebagainya.

Demikian 7 cara membedakan handphone Samsung asli atau palsu. Sebagai tambahan, tetap berhati-hatilah saat membeli handphone apapun itu. Jika anda kurang yakin belilah handphone langsung pada dealer handphone terdekat yang ada di kota Anda. Anda juga dapat membeli handphone yang asli dengan membeli produk tersebut di toko jualan online terpercaya dan memberikan jaminan seperti Lazada, Blibli, dan BukaLapak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Image Source: www.naldotech.com