Pernahkah mengalami masalah di mana USB yang dicolokkan pada laptop tidak dapat terbaca? Hal ini cukup sering dan umum terjadi. Apa sih penyebabnya? Penyebab USB tidak dapat terbaca bisa saja karena sebagai berikut:

  1. Adanya kesalahan pada Windows, sehingga walaupun terbaca dan flasdisk masih dalam keadaan prima. PC tidak dapat membaca data yang terdapat pafa flasdisk.
  2. Flasdisk tidak terpasang dengan tepat. Sehingga wajar bila tidak terbaca.
  3. Flasdisk sudah rusak atau terkena virus.
  4. Port USB laptop benar-benar rusak.

Dalam hal ini kamu dapat memeriksa dengan cara yang cukup sederhana. Pertama kamu dapat mengeceknya dengan mencoba perangkat lain seperti Mouse atau Keyboard pada Port USB Laptop kamu. Jika pada laptop kamu tidak bisa cobalah pada Laptop atau komputer lain. Jika tidak bisa berarti alat tersebutlah yang rusak. Namun, jika ternyata bisa berarti ada masalah pada Port USB kamu. Jangan khawatir, berikut ini adalah cara memperbaiki port USB laptop dengan mudah:

  1. Restart PC

Cobalah cara paling konvensional yaitu merestart PC kamu.

  1. Cek BIOS

Cara untuk masuk ke BIOS adalah dengan Masuk ke Power Management lalu pilih “Enable” pada USB Port.

  1. Periksa Device Manager

Bukalah Device Manager PC Kamu . Klik kanan pada tulisan ‘Universal Serial Bus Controller’, kemudian klik “Sacn for Hardware Change”.

  1. Uninstall Driver

Klik tanda “+” yang ada pada kanan tulisan ‘Universal Serial Bus Controller. Çeklah, apakah ada tanda “Seru berwarna Kuning” jika memang ada, klik kanan dan uninstall semua tanda yang berwarna kuning tersebut, lalu restart PC Kamu. PC berusaha untuk mendeteksi hardware.

  1. Pengaturan Regedit

Masuk ke Regedit dengan cara sebagai berikut HKEY kemudian masuk LOCAL pilih MACHINE klik SYSTEM pilih CurrentControlSet klik service pilih USB, jika tidak ada USB pada registry key, silahkan kamu buat sendiri dengan cara Klik Edit, lalu Klik New, buat namanya USB. Lalu klik kanan pada USB yang tadi kalian buat, lalu klik New, pilih “DWORD (32-bit)”, lalu beri nama “DisableSelectiveSuspend”. Klik kanan lagi pada file tersebut, lalu klik modify, dan beri angka 1 pada value data.

  1. Download DRPSU

Tentu langkah yang pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload DRPSU. Teman saya berkata untuk mendownload yang DRPSU 14. Setelah kamu mempunyai DRPSU, jalankan sistemnya, dan DRPSU akan otomatis mendeteksi driver yang tidak terbaca, lalu kamu hanya perlu klik install, maka driver akan terinstall otomatis. Normalnya hal ini terjadi akibat driver “PCI Simple Communication Controller” atau “SM Bus Controller” atau “Unknown Device” lainnya yang bermasalah

Jika memang hingga langkah 6 masih tidak bisa berarti Port USB kamu benar – benar telah rusak, gantilah Motherboard jika Port USB kamu rusak. Nah itulah cara yang dapat kita lakukan untuk mengecek akar permasalahan dari mengapa Port USB tidak bisa membaca data Flasdisk atau Perangkat lain. Semoga membantu.