Cara Memperbaiki Suara Speaker Handphone Yang Kecil

Cara Memperbaiki Suara Speaker Handphone Yang Kecil

Speaker hp rusak atau speaker hp suaranya kecil? Atau bahkan speaker hp tidak dapat bunyi? Tandanya hp kalian sedang bermasalah. Pada umumnya hal tersebut terjadi setelah handphone kalian mengalami beberapa kejadian tak di sengaja seperti jatuh, terbentur benda keras atau terkena air. Nah, akibatnya pun bisa bermacam-macam loh. Misalnya, saat kalian hendak memutar musik, suara yang dikeluarkan speaker terlampau sangat kecil walaupun volume sudah dialihkan ke volume paling besar. Selain itu, kemungkinan besar ketika kalian menerima telepon, kalian tidak dapat mendengar suara lawan bicara. Wah, bisa merugikan kita juga ya. Tapi kalian juga tidak perlu khawatir terlebih dahulu. Pasalnya, ada langkah-langkah alias cara memperbaiki suara speaker handphone yang kecil. Yuk simak satu per satu penjelasan di bawah ini.

Suara Speaker Handphone Kecil

  1. Periksa menu pengaturan volume

Pertama-tama, sebelum melakukan perbaikan dengan membongkar handphone kalian, alangkah baiknya kalian mencoba mengatasi masalah speaker dengan membuka menu pengaturan pada handphone. Coba periksa volume pada handphone kalian. Mungkin kalian lupa mematikannya sehingga tak ada suara yang dihasilkan. Namun, untuk handphone tipe baru, kalian dapat mengaktifkan profil general atau umum dan masuk ke personalisasi untuk memaksimalkan volume handphone.

  1. Memasukkan kode khusus untuk tipe handphone kalian

Kedua, kalian dapat mencoba untuk mencari kode untuk pengaturan handphone kalian. Kode yang dimaksud adalah semacam kode rahasia yang khusus disediakan untuk tipe handphone kalian ketika sedang bermasalah. Pada umumnya, kode-kode rahasia tersebut dapat kalian temukan di internet. Kalian dapat googling dengan memasukkan keyword “kode cek hp (tipe atau merk handphone)”.

Selanjutnya, kalian akan mendapatkan angka dan bisa segera kalian masukkan di handphone melalui papan tombol telepon. Nantinya, kalian akan mendapat pilihan service info, software info, service test dan lain sebagainya. Kalian dapat mencari bagian permasalahan speaker sesuai dengan menu pada handphone.

  1. Bersihkan konektor speaker

Nah, tips ketiga berikut ini dianjurkan ketika handphone masih tetap tidak mengeluarkan suara yang baik pada speakernya atau terkena air. Jika terkena air sebaiknya kalian langsung menuju langkah ini karena melepas bagian penutup, baterai juga memperkecil resiko ketika terkena air.

Langkah awal, kalian harus membuka cashing handphone dan seluruh baut dengan obeng khusus menurut tipe dan merknya. Selanjutnya, ketika seluruh bagian handphone terpisah, kalian akan mendapati komponen berbentuk lingkaran dan berwarna hitam yang memiliki dua kaki konektor yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan speaker dengan handphone itu sendiri. Nah, kalau usia handphone kalian sudah lama kemungkinan bagian tersebut menjadi kotor karena debu bahkan berkarat dan menyebabkan speaker hp rusak. Kalian dapat membersihkan titik konektor speaker dengan kain halus atau penghapus karet dengan menggosok searah. Pastikan bagian konektor ke handphone tidak menjadi rusak.

Berikutnya, tarik perlahan kaki konektor speaker agar konektor melekat pada bagian mesin hanphone dan mengalirkan arus listrik yang membuat suara speaker kembali keluar. Namun, jika kerusakan cukup parah atau benar-benar rusak, mungkin kalian perlu mengganti sesuai tipe handphone yang sebelumnya di cek menggunakan alat Multitester ya.

Nah, itulah cara memperbaiki speaker hp yang rusak? Semoga bermanfaat ya guys.

Image Source:

  • http://www.gizbot.com/how-to/tips-tricks/how-to-fix-smartphone-internal-speaker-problems-030032.html

 

shares