Di dunia yang semakin modern ini jarak sudah tak menjadi halangan untuk bertatap muka. Banyak dari kita yang memanfaatkan fitur webcam pada laptop untuk bertatap muka dengan kerabat. Meskipun terbentang jarak yang amat jauh, dengan menggunakan webcam didukung aplikasi penyedia layanan video call, kita data bertatap muka secara langsung dengan seseorang.

Hampir semua jenis laptop yang muncul 5 tahun terakhir ini sudah memiliki fitur webcam. Salah satunya adalah laptop Toshiba yang cukup terkenal dikalangan pengguna gadget berjenis laptop. Namun, bagaimana bila komunikasi kita tiba – tiba terganggu karena webcam yang tiba – tiba tidak dapat berfungsi? Untuk anda yang memiliki laptop bermerk Toshiba dan mengalami masalah yang sama yaitu webcam yang tidak dapat berfungsi, kali ni kita akan mencari solusinya bersama.

Memperbaiki webcam laptop yang mati memang terbilang tidak begitu sulit. Namun, langkah awal adalah kita mengetahui penyebab kerusakan yang terjadi. Apakah kerusakan tersebut berasal dari hardware pada laptop? Hard ware yang dimaksud seperti lensa optik, kaberl port yang terlepas atau sejenisnya. Bila iya mungkin ini cukup beresiko bila dikerjakan sendiri bagi kita yang masih awam dengan mesin laptop. Namun tidak masalah apabila kita sudah biasa memperbaiki kerusakan laptop sendiri. Untuk lebih amannya, serahkan kepada ahlinya, bawa ke tempat service yang terpercaya.

Apabila kita telah yakin tidak ada kerusakan pada hardware laptop, bisa saja kerusakan tersebut ada pada perangkat lunak kita. Namun, lebih baik perangkat lunak adalah yang pertama kita pastikan, bila tidak bisa, kerusakan tentu ada pada perangkat kerasnya. Nah, marilah kita simak cara memperbaiki webcam laptop Toshiba yang mati dari segi perangkat lunak.

Diagnosa driver imaging device

Cara yang dapat digunakan untuk mengetahui penyebab laptop rusak sebenarnya dapat kita pastikan sendiri menggunakan program utility yang telah disediakan oleh windows, gunakanlah device manager. Tahapannya sebagai berikut :

  1. Masuk pada menu run, “windows button + R” kemudian ketikkan “devmgmt.msc”. setelah itu cari driver yang bersangkutan, biasanya bernama “imaging devices”.
  2. Jika imaging device yang kita cari tidak muncul, bisa jadi tersembunyikan. Untuk itu klik menu “view” dan klik “show hidden devices:. Dengan begini semua driver yan tersembunyi akan tampil begitu juga dengan imaging device yang kita cari.
  3. Setelah terlihat, klik kanan lalu masuk ke menu properties. Pada jendela properties akan muncul beberapa rincian status dari webcam kita. Jika pada tab general memunculkan status (code 45) atau (code 43) maka kita bisa sedikit lega, sebab webcam kita tidak mengalami kerusakan.
  4. Kemudian klik “events” untuk mengetahui informasi lainnya terutama class ID (CLSID) yang merupakan driver webcam kita.
  5. Catatlah data pada kolom information, karena setiap driver tentu meliliki class ID yang berbeda sesuai hardware yang digunakan. Lalu jangan tutup dulu jendela property ini, kita akan membutuhkannya pada proses selanjutnya.

Reset driver webcam

Jika sejauh ini sesuai langkah tersebut sesuai dengan kondisi laptop, maka kemungkinan besar webcam laptop masih dalam kondisi yang bagus. Langkah selanjutnya adalah dengan mereset driver webcam, caranya :

  1. Masuk ke menu run dan tuliskan “regedit” untuk masuk ke registry editor.
  2. Buka dan cari keyname “HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Control\Class”
  3. Untuk mempermudah pencarian, salinlah kode class guid yang terdapat pada jendela property yang kita buka tadi. Salin lalu tempelkan pada kolom “find what” dan tekan enter.
  4. Setelah menemukannya, expand keynamenya dan klik pada keyname 0000.
  5. Kemudian Buat DWORD baru dengan cara klik kanan > New > DWORD dan beri nama dengan ForceHCResetOnResume atau ForceHCResetOnRestart. Bila perlu, buat dua-duanya.
  6. Double klikForceHCResetOnResume atau Restart tadi dan masukan angka 1 pada Value Data lalu klik OK.
  7. Kode CLSID webcam Anda juga ada di beberapa tempat lain di registry, jika perlu buat DWORD serupa dengan langkah yang sama di tempat lain itu (opsional).
  8. Bila sudah sesuai langkah diatas, lakukan restart komputer dan silahkan tes webcam Anda.

Selamat, webcam Anda sudah dapat digunakan kembali. Langkah diatas adalah cara memperbaiki webcam melalui perangkat lunaknya. Sekali lagi, apabila kerusakan terjadi pada hard warenya maka serahkan pada ahlinya. Semoga artikel ini dapat membantu dan sampai jumpa.