Banyaknya aplikasi yang Anda download di smartphone Asus Zenfone 5 menimbulkan beberapa masalah yaitu mulai dari serangan virus, beberapa aplikasi yang bertabrakan dan masalah Asus Zenfone 5 tidak dapat charging. Keadaan tersebut memang menimbulkan rasa kesal dan permasalahan baru, apalagi jika Anda sedang berada di perjalanan yang tentunya membutuhkan smartphone untuk berkomunikasi. Sebenarnya, permasalahan Asus Zenfone 5 tidak dapat charge itu disebabkan oleh sistem smartphone yang tidak bisa bekerja secara optimal. Namun, sebaiknya Anda tak perlu bingung atau pun khawatir karena ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

ASUS Zenfone 5 Tidak Charging

1. Periksa port USB

Sebaiknya ketika Anda ingin mencharge smartphone, periksa kembali apakah port USB dari smartphone Anda sudah sepenuhnya terhubung dengan charger USB atau belum. Untuk mengatasinya, Anda cukup mengeluarkan baterai dari smartphone dan gunakan tusuk gigi/lidi untuk mendorong port USB kedalam. Setelah melakukan cara ini, kemungkinan besar Asus Zenfone 5 tidak dapat charge itu sudah bisa digunakan kembali dengan normal.

2. Periksa Kabel

Jika tips pertama telah dicoba tetapi hasilnya tetap sama saja, mungkin kerusakan terjadi pada kabel charger baterai Asus Zenfone 5 Anda. Cara mengatasinya yaitu dengan mencoba mengisi baterai dengan menggunakan kabel USB yang lain, Anda dapat meminjam kabel USB teman maupun keluarga Anda. Jika cara ini berhasil berarti memang fix kabel USB Anda yang bermasalah, segera beli kabel charger yang baru agar masalah tidak bertambah panjang.

3. Bersihkan Port USB

Biasanya ketika Anda lalai dalam meletakkan charger Anda atau menggunakan smartphone di lingkungan yang berdebu, setelah itu ada permasalahan yang timbul yaitu kotoran atau debu yang menempel pada port USB. Lalu charger tidak dapat terhubung atau terkoneksi dengan titik pengisian yang ada di dalam port usb pada perangkat. Solusinya adalah bersihkan kotoran atau debu yang menempel pada charger, bisa menggunakan tisu atau kain pembersih.

4. Kurang Daya

Biasanya Asus Zenfone 5 tidak dapat charge karena menggunakan charger yang tidak original, tegangan yang ada pada charger tidak sesuai dengan beban baterai untuk memproses perangkat smartphone. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan charger yang original agar proses pengisian daya berjalan lebih cepat dan kabel charger pun lebih awet. Dari pengalaman yang ada, pengisian daya menggunakan kabel yang tidak original dapat menimbulkan sistem smartphone menjadi rusak atau tidak optimal ketika digunakan sehari-hari.

5. Memperbarui System Android

Upgrade system atau aplikasi smartphone juga bisa menjadi alasan mendasar di balik masalah Asus Zenfone 5 tidak dapat charging. Mengapa demikian? Karena bisa saja smartphone Anda tidak mendukung untuk upgrade system atau aplikasi. Jika hal ini sudah terlanjur terjadi, sebaiknya coba untuk mengembalikan kondisi smartphone ke sistem yang sebelumnya, atau menghapus beberapa aplikasi agar sistem pada smartphone Anda tidak terlalu berat.

6. Matikan Telepon Saat Pengisian

Mungkin ketika awal membeli smartphone, Anda rajin untuk mematikannya pada saat mencharge. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Anda mulai malas mematikan smartphone dengan alasan bosan atau alasan pekerjaan. Padahal melakukan pengisian daya pada smartphone dalam keadaan mati sangat direkomendasikan. Selain untuk mempercepat proses pengisian daya, cara ini juga dapat memperpanjang umur baterai pada perangkat smartphone Anda sehingga Anda tidak perlu membeli charger yang baru.
Jika beberapa tips di atas telah dilakukan tetapi hasilnya sama saja yaitu Asus Zenfone 5 tidak dapat charge, maka sebaiknya segeralah untuk melakukan service pada smartphone Anda. Tim KlikFix siap membantu 100% permasalahan smartphone dan dijamin hasilnya akan memuaskan.