Kinerja laptop yang lambat belum tentu ada masalah pada software atau hardware. Bisa jadi laptop lemot karena kotor. Sayangnya, banyak orang yang terlampau dini membuat kesimpulan bawasannya kinerja laptop yang melambat itu disebabkan sudah tua atau ada komponen yang sudah rusak. Bagi yang sedikit banyak tahu tentang IT, mereka bisa menganggap bawasannya laptop terserang virus.

Kemungkinan-kemungkinan tersebut bisa saja benar, namun bisa saja salah. Harus ada diagnosa terlebih dahulu untuk menentukan apa yang membuat PC atau laptop Anda lambat. Namun, jika kinerja laptop Anda lambat disertai dengan panas yang keluar dari CPU, maka kemungkinan besar itu disebabkan karena debu. Anda harus tahu debu bisa membuat CPU laptop panas. Sebenarnya laptop itu sudah didesain untuk mendinginkan diri sendiri agar performanya baik dan kinerjanya tidak lambat. Hanya saja, jika ada debu pada hardware, maka CPU akan cenderung cepat panas dan kinerja laptop akan melambat.

Oleh sebab itu, Anda harus tahu bagaimana cara aman membersihkan laptop dari debu. Jangan khawatir karena Anda tidak perlu memiliki keahlian tertentu untuk bisa membersihkan laptop dari debu.

Alat yang Dibutuhkan

Sebelum Anda membuka laptop, Anda harus siapkan dulu alat yang digunakan untuk membersihkan laptop dari debu.

Bukan vacuum atau kain lap yang dibutuhkan, melainkan electronic duster atau canned air atau compressed air. Ini merupakan alat pembersih debu khusus untuk alat-alat elektronik tidak terkecuali laptop.

Anda bisa membeli alat ini di toko-toko elektronik atau komputer.

Cara Membuka Laptop

Sebenarnya jika laptop Anda masih dalam masa garansi, Anda bisa membawa laptop Anda tersebut ke service center resmi. Laptop Anda akan dibersihkan tanpa harus mengeluarkan uang.

Sayangnya, masalah laptop yang berdebu ini biasanya terjadi ketika usia laptop sudah di atas 3 tahun. Itu artinya kartu garansi Anda sudah tidak berlaku lagi.

Jalan alternatifnya adalah membuka dan membersihkan laptop sendiri. Caranya sangat mudah. Lihat di bagian bawah laptop. Maka Anda akan menemukan panel. Buka panel tersebut dengan menggunakan obeng. Dalam hal ini, pastikan Anda menggunakan obeng dengan ukuran yang sesuai.

Setelah Anda buka, maka Anda akan menemukan bagian laptop di dalam yang penuh dengan debu. Gunakan canned air tersebut untuk membersihkan laptop dari debu.

Bagaimana jika laptop tidak bisa dibuka?

Beberapa laptop memang sulit untuk dibuka. Ini memang sengaja dilakukan oleh perusahaan untuk mengantispasi kerusakan yang bisa terjadi jika pengguna membuka laptop sendiri. Jika laptop Anda tidak bisa dibuka, Anda tetap masih bisa membersihkan laptop dari debu yang menempel pada hardware. Caranya, cari lubang ventilasi di mana hawa panas keluar dari dalam laptop. Lalu, semprotkan canned air melalui ventilasi tersebut.

Memang cara ini tidak begitu efektif. Karena tidak semua bagian laptop bisa terjangkau sehingga kemungkinan masih ada debu yang tertinggal di dalam. Jika Anda mendapatkan kesulitan untuk membersihkan laptop dari debu, Anda bisa hubungi Klikfix. Ini adalah perusahaan jasa service laptop. Hubungi saja dan teknisi akan datang ke rumah Anda. Jika perbaikan bisa dilakukan di rumah, maka teknisi akan melakukan pelayanan langsung di rumah Anda. Layanan ini cocok bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk datang ke tempat service laptop. Kunjungi website Klikfix untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu.