Perkembangan teknologi terutama gadget memang luar biasa. Di indonesia penjualan gadget sangat bersaing, mulai dari segi harga hingga spesifikasi yang kian canggih. Salah satu merk gadget yang semakin gencar menawarkan produk-produk terbarunya adalah Samsung. Memang banyak kelebihan yang ditawarkan tetapi juga tak luput dari kelemahan. Misalnya saja, ketika layar hp Samsung Galaxy S4 pecah maka Anda harus cepat untuk memperbaikinya. Namun, bagimana jadinya jika Anda tidak mengerti soal perangkat handphone?

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah mengganti layar hp Samsung Galaxy S4 retak yang dapat bermanfaat bagi Anda.

  1. Buka tutup belakang handphone dengan menggunakan bantuan kuku. Apabila sulit, bisa menggunakan alat pembuka lainnya.
  2. Lepaskan baterai , memori eksternal, dan SIM Card.
  3. Ambil obeng positif (+) kecil dan buka semua sekrup di seluruh bagian tulang Samsung Galaxy S4, kurang lebih jumlahnya ada 9 sekrup. Sekrup harus diletakkan di tempat yang aman agar tidak berantakan atau pun hilang.
  4. Lepaskan tulang hp dengan hati-hati. Caranya adalah cari celah dengan menggunakan kuku, dan jalankan sampai pin pengunci terbuka semua dan letakkan tulang handphone di tempat yang aman.
  5. Sebelum melepas kabel LCD (Liquid Cell Display) atau kabel touchscreen, buka dulu satu skrup yang berada di bagian atas sebagai pengunci modul dan kamera.
  6. Lalu kemudian, lepaskan kabel LCD atau kabel touchscreen. Caranya yaitu dengan membuka pin berwarna hitam terlebih dahulu, setelah terbuka tarik kabel LCD atau kabel touchscreen secara perlahan.
  7. Setelah itu, lepaskan modul terlebih dahulu. Lalu, lepas secara perlahan semua yang terkoneksi. Ada kabel hitan satu, lepas pada konektornya (kabel wi-fi) dan kabel pipih juga lepas pada bagian konektornya. Semua memang harus dilakukan secara hati-hati karena sangat rawan rusak.
  8. Sisihkan dan simpan modul pada tempat yang aman. Kemudian lepaskan LCD yang masih terkait dengan touchscreen. Caranya yaitu tekan pada bagian belakang LCD dengan pelan, lakukan sampai kaca touchscreen terbuka, kemudian masukkan kuku dan angkat.
  9. Selanjutnya, pisahkan LCD dari kaca touchscreen. Caranya, panasi lem spoons dengan blower. Apabila tidak punya, cukup sayat dengan menggunakan cuter atau silet yang tajam. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai menggores bagian apapun.
  10. Cara selanjutnya adalah mengganti layar hp Samsung Galaxy S4 rusak dengan yang baru, untuk mengelem antara LCD dan touchscreen, Anda bisa menggunakan isolasi double tape.
  11. Setelah selesai, pasang LCD dan touchscreen ke tempat semula.
  12. Lalu, pasang modul pada tempatnya secara hati-hati.
  13. Setelah pasang modul, selanjutnya pasang semua kabel dan kunci pada konektornya.
  14. Pasang sekrup pengaman kamera dan LCD pada bagian atas.
  15. Pasang tulang hp secara perlahan dan pasang seluruh sekrupnya.
  16. Pasang baterai dan seluruh perangkat lainnya. Bila sudah OK, terakhir pasang tutup belakang handphone.

Itulah cara mengganti layar Samsung Galaxy S4 retak. Namun, apabila Anda tidak ada waktu untuk menggantinya sendiri atau Anda takut salah dalam memperbaiki handphone, Anda bisa menggunakan jasa KlikFix untuk membantu mengganti layar hp yang retak. KlikFix akan 100% menangani penggantian layar hingga hp tersebut bisa digunakan kembali. Baca juga Cara Menggantikan Layar Samsung Galaxy S3 Pecah