Biasanya semakin lama iPhone di gunakan akan semakin banyak juga cache yang tersimpan. Mungkin anda juga bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghapus cache di iPhone. File sampah atau cache ini sebenarnya merupakan data yang berasal dari berbagai aplikasi yang dipasang di perangkat dan berguna selagi aplikasi masih terpasang.

Hal ini tentunya akan membuat kerja iPhone semakin berat atau melambat dan juga akan membuat memori iPhone penuh. Dan cache memang perlu di hilangkan atau di hapus dari iPhone anda. Berikut ulasannya.

Berbagai Cara Menghapus Cache di iPhone Tanpa Aplikasi

Cache atau sampah bisa dari mana saja dia berasal, bisa dari aplikasi atau penyimpanan yang lainnya. Cache yang berasal dari aplikasi biasanya berkapasitas cukup besar aplagi jika anda sering menggunakan aplikasi tersebut.  Berikut cara mudah untuk menghapus cache di iPhone.

 

  1. Menghapus Cache pada Aplikasi

Salah satu penyebab munculnya cache adalah aplikasi. Biasanya setiap aplikasi mempunyai cache namun dengan kapasitas berbeda beda. Safari adalah satu dari sekian aplikasi yang menyimpan banyak cache. Safari adalah perangkat pencarian pada iPhone. Berikut cara menghapus cache aplikasi di iPhone.

  • Yang anda lakukan pertama kali adalah dengan membuka settings. Kemudian pada menu settings anda pilih safari. Biasanya terletak di bagian bawah menu iPhone.
  • Selanjutnya anda pilih Clear History and Website Data. Setelah anda memilih pilihan tersebut, maka secara otomatis cache akan terhapus dan aplikasi akan bersih kembali. Dengan cara ini anda tidak membutuhkan aplikasi penghapus file sampah di iPhone.
  • Lakukan hal yang sama pada aplikasi lainnya yang dirasa menyebabkan cache di iPhone banyak. Aplikasi lain yang menghasilkan banyak cache seperti facebook, instagram, dan masih banyak lagi.

 

  1. Menghapus Cache pada Memori Internal

Cara menghapus file sampah di iPhone bisa dengan membersihkannya dari memori internal. Cache juga bisa muncul pada memori internal. Pada memori internal ini carnya juga tidak terlalu sulit. Berikut anda simak.

  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuka settings, setelah anda masuk pada menu pengaturan. Lalu anda pilih General Data.
  • Kemudian anda pilih menu Manage Storage. Pada menu Manage Storage , akan ditampilkan macam-macam data yang ada pada memori iOS.
  • Langkah ketiga adalah dengan memilih item yang tidak diperlukan dengan cara cukup menggeser ke kiri kemudian pilih delete. Pilihlah item yang benar benar sudah tidak anda butuhkan karena menghapus cache dari memori internal bersifat selamanya dan tidak bisa di kembalikan lagi jika anda membutuhkannya kembali.
  • Jika anda ingin menghapus seluruh cache, anda hanya perlu memilih menu Edit kemudian pilih Delete All. Maka cache yang ada pada memori internal anda akan terhapus semua secara otomatis.
  • Lakukan secara rutin pada iPhone anda, agar iPhone anda beroperasi dengan cepat dan tidak lelet karena penuh akan cache.

Ya, anda tidak bingung lagi tentang cara menghapus cache di iPhone. Tetapi jika anda sudah melakukan cara-cara tersebut diatas dan masih banyak saja cache yang tersimpan di iPhone anda, anda bisa saja menanyakan solusinya pada klikfix.com. Anda akan dijelaskan secara gamblang bagaimana solusi yang harus anda lakukan. Klikfix.com adalah jasa service iPhone dan konsultan iPhone terbaik yang selalu memberikan sejuta kemudahan dan kepuasan bagi para penikmat jasanya.