Cara Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Aplikasi

Cara Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Aplikasi

Salah satu hal yang menyebalkan dari smartphone adalah konsumsi dayanya yang cukup tinggi sehingga kamu perlu mengecasnya secara rutin. Kebiasaan tersebut bukanlah tidak beresiko, pengecasan yang terlalu sering pada smartphone dapat mengakibatkan pada kerusakan baterai ataupun smartphone itu sendiri. Tentunya kita ingin mengindari hal tersebut. Untuk itu alangkah baiknya bila kita mengikuti 9 cara menghemat baterai smartphone tanpa aplikasi berikut ini:

  1. Matikan Mode Getar (Vibrations)

Mode getar akan membuat kita lebih mudah mengetahui informasi terbaru di smartphone kita. Namun, dalam mode getar akan membutuhkan daya yang lebih tinggi dari pada penggunaan Ringtone. Oleh Cobalah untuk memberikan Ringtone yang mudah mengingatkan kamu.

  1. Mengurangi Brightness di Layarmu

Pengaturan brightnes yang tinggi akan membuat konsumsi daya smartphone kamu juga menjadi lebih besar. Seperti ulasan diatas hal ini juga dikarenakan smartphone  sendiri memiliki layar yang cukup besar. Untuk itu kamu dapat menggunakan pengaturan adaptasi terhadap kondisi cahaya langsung dari smartphone kamu.

  1. Persingkat Waktu Stand-By

Sama Halnya dengan Persoalan brightnes. Mempersingkat waktu stand By dapat menghemat Daya smartphone kamu. Untuk itu cobalah untuk mengubah Waktu Stand By smartphone  kamu menjadi 15 detik saja.

  1. Charge Baterai Secara Efisien

Ada dua jenis baterai yang dipakai di ponsel, baterai lithium dan baterai nickel. Baterai yang terbuat dari nickel lebih tahan lama daripada lithium. Jika kamu menggunakan baterai nickel, ponsel kamu harus di-charge hingga kapasitas maksimum (100%) saat daya baterai kamu tinggal sedikit. Namun jika ponsel kamu memakai baterai lithium, kamu harus charge sesering mungkin untuk mempertahankan kapasitas aslinya.

  1. Matikan WiFi, Paket Data, dan Bluetooth Jika Tidak Digunakan

Matikan WiFi, Paket Data, dan Bluetooth kamu jika tidak sedang dalam penggunaan. Hal ini dapat mengurangi penggunaan Daya dari smartphone kamu karena mengurangi menggunaan daya untuk menangkap ataupun memancarkan sinyal.

  1. Tutup Aplikasi Jika Sudah Tidak Digunakan

Gunakanlah tap tombol multitasking, kemudian bisa swipe aplikasi yang tidak sedang kamu gunkan. Hal ini dilakukan karena walaupun kamu sedang tidak menggunakannya secara langsung namun penggunaan daya untuk menjlankan aplikasi tersebut tetap berlangsung

  1. Matikan GPS (Location Services)

GPS atau layanan lokasi adalah yang terbesar penggunaan baterainya di smartphone selain layar kamu. kamu bisa mematikan GPS di menu Setting smartphone kamu. Dengan begitu kamu akan menghemat pemakaian baterai. Nyalakan GPS saat kamu perlukan saja, misalnya saat menggunakan Maps untuk mencari suatu lokasi.

  1. Buat Home Screen kamu Simpel Tanpa Banyak Widget

Aturlah agar Home Screen kamu Simple dan tidak terkesan mowat-mawut. Hal ini penting karena juga dapat menghemat daya dari smartphone kamu. Hindari pula penggunaan Live Wallpaper.

  1. Menjaga Smartphone Tidak Terlalu Panas

Jauhkan smartphone kamu dari sinar matahari langsung dan simpan di tempat sejuk. Jangan terlalu sering dipakai bila tidak perlu agar Android System tidak perlu bekerja ekstra. Baik smartphone ataupun baterai akan bekerja optimal pada suhu yang tidaklah panas ataupun terlalu dingin.

Nah itulah tips yang dapat kamu coba untuk menghebat konsumsi daya baterai kamu.  Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Image Source: http://www.hongkiat.com/blog/conserve-smartphone-battery-life/

shares