Sekarang semua smartphone sudah dilengkapi dengan kamera yang mumpuni. Ditambah lagi dengan kemudahan akses koneksi internet, aktivitas sharing foto semakin meningkat. Mentransfer foto antar sesama iPhone ataupun antar sesama Android adalah hal yang mudah, namun bagaimana cara mentransfer file ataupun foto dari iPhone ke Android ? Berikut ini adalah beberapa caranya :

1. Cara Manual Drag & Drop (Windows)

Cara termudah adalah dengan drag-and-drop foto dari direktori foto default iPhone ke folder foto Android. Untuk menggunakan metode ini, Anda memerlukan PC Windows dan kabel USB untuk kedua iPhone dan ponsel Android. Namun sebelum bisa menggunakan metode ini, pastikan bahwa Anda telah menginstal driver dari kedua ponsel sehingga mereka akan terdeteksi oleh PC Anda.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk drag-and-drop foto dari iPhone ke ponsel Android :

  1. Koneksikan iPhone Anda ke PC menggunakan kabel USB. Lakukan hal yang sama juga untuk ponsel Android Anda.
  2. Pada PC Windows Anda, buka My Computer.
  3. Anda harus dapat melihat dua drive baru atau entri di bagian Portable Devices. Salah satunya adalah untuk penyimpanan iPhone (biasanya diberi label “Apple iPhone” atau “Elmer iPhone” atau yang serupa) dan yang lainnya adalah untuk Android Anda. Jika Anda tidak melihat mereka, cobalah menginstal driver ponsel tersebut.
  4. Buka folder iPhone di jendela baru.
  5. Buka folder Android di jendela baru. Sekarang kita memiliki 2 jendela, 1 berisi data – data iPhone dan 1 lagi Android.
  6. Pada jendela untuk penyimpanan iPhone Anda, cari folder bernama DCIM. Anda akan menemukan folder foto Anda dalam folder DCIM.
  7. Cukup pilih foto yang ingin Anda transfer. Kemudian, menyeret mereka dari folder iPhone dan meletakkan mereka ke folder Android Anda.

2. Menggunakan Aplikasi

Salah 1 aplikasi yang dapat kita gunakan adalah Send Anywhere. Berikut adalah langkah-langkah untuk mentransfer foto Anda menggunakan aplikasi Send Anywhere :

  1. Jalankan Send Anywhere pada iPhone Anda.
  2. Tekan tombol Send.
  3. Dari daftar jenis file, pilih Foto. Pilih foto yang ingin Anda kirim. Anda akan melihat tanda centang di kanan bawah dari foto yang dipilih.
  4. Tekan tombol Send di bagian bawah setelah memilih foto.
  5. Aplikasi ini akan menghasilkan PIN dan kode gambar QR untuk penerima. Kredensial otorisasi ini akan berakhir setelah 10 menit (secara default, tetapi dapat juga diatur untuk 5 atau 30 menit), jadi pastikan bahwa perangkat penerima mendapatkan file dalam jangka waktu tersebut. Atau, jika Anda ingin berbagi file – file ke beberapa penerima untuk waktu yang lama, upload file – file tersebbut dengan menekan tombol Upload. Opsi terakhir ini juga akan menghasilkan PIN, QR code, dan URL Web yang valid untuk digunakan oleh para penerima dalam waktu 24 jam (secara default, tetapi dapat juga diatur untuk 12 atau 48 jam).
  6. Pada ponsel Android, jalankan Send Anywhere app.
  7. Tekan tombol Receive pada layar utama.
  8. Untuk menerima file -file, Anda dapat memasukkan PIN, kemudian tekan tombol panah atau memindai kode QR yang dihasilkan oleh iPhone. Atau, jika pengirim berbagi URL Web file, buka URL di browser Web.

3. Menggunakan Dropbox

Untuk dapat mengirim foto-foto dari iPhone ke ponsel Android menggunakan Dropbox, Anda perlu meng-upload file – file yang hendak Anda transfer ke akun Dropbox terlebih dahulu. Login ke account Dropbox Anda pada iPhone Anda. Lalu tekan tombol Menu (tiga dot tombol) dari dalam salah satu folder Dropbox Anda, tekan Upload, pilih foto, dan upload. Ini akan sangat berguna jika Anda ingin berbagi foto yang tidak otomatis di-upload (yaitu, foto yang disimpan di folder atau lokasi yang berbeda). Kemudian login ke account Dropbox di Android Anda menggunakan akun yang sama seperti yang Anda gunakan pada iPhone Anda. Jika Anda melakukan ini, Anda akan mereplikasi struktur folder Dropbox Anda tepat di ponsel Android Anda dan file – file yang telah Anda upload sebelumnya akan dapat diakses di ponsel Android Anda.

Itulah 3 cara mentransfer file dan foto dari iPhone ke Android. Smoga bermanfaat.