Begitu menjengkelkan kalau tiba-tiba gadget kita bermasalah. Apalagi kalau kita tidak tahu-menahu soal perangkat yang kita gunakan. Ketika mengalami masalah pada gadget, umumnya kita akan bawa ke service centre. Namun alangkah baiknya apabila kita tahu cara mudah memperbaiki gadget yang bisa dilakukan sendiri.

Nah, saat kita mengalami hal ini, kita pasti cenderung panik duluan. Apalagi, jika gadget yang kita miliki bisa jadi sangat penting untuk urusan pekerjaan misalnya. Namun sekarang kalian tidak perlu bingung. Tidak semua masalah pada gadget harus dilakukan oleh teknisi atau orang yang ahli dengan gadget, ada beberapa masalah kecil yang sering dialami pengguna gadget yang ternyata bisa diperbaiki sendiri. Kalau masalah yang ditemukan ternyata lebih sulit untuk diperbaiki, sebaiknya melakukan konsultasi dengan teknisi yang ahli.

Jadi, apa saja sih hal sederhana yang mampu kita lakukan untuk memperbaiki gadget kita? Yuk simak satu per satu ya.

Memperbaiki Handphone

Semakin lama umur handphone yang kita gunakan, biasanya semakin menurun kekuatan handphone kita. Pada akhirnya, beberapa masalahpun sering kita jumpai. Berikut masalah-masalah yang kita temui dan bagaimana cara memperbaikinya.

  1. Handphone Mati Total

Hal ini dapat terjadi karena beberapa hal. Pertama, handphone kalian memang kehabisan daya oleh sebab aplikasi yang aktif pada latar belakang terlalu banyak. Langkah pertama untuk memperbaiki handphone atau tablet kalian yaitu charge handphone kalian. Biarkan handphonemu terisi sekitar 20-30 menit dan baru tekan tombol power untuk mencoba menyalakannya kembali.

Kedua, bisa jadi handphone kalian mengalami proses booting tiada henti dan error. Kalian dapat mencoba untuk mencabut baterai dan memasangnya kembali.

Biasanya, permasalahan handphone yang mati total tak sesederhana yang dikira. Handphone kalian bisa saja mengalami kerusakan pada perangkat lunak. Misalnya, sistem seperti Android yang telah diperbaharui malah membuat handphone kalian lemot dan sering mati alias menjadi tidak stabil. Kalian dapat mencoba mode pemulihan atau recovery mode. Hal ini berarti handphone kalian akan dikembalikan seperti masih baru dalam arti seluruh data dalam handphone kalian akan hilang. Pastikan kalian sudah back up data penting kalian ya.

  1. Layar Sentuh Tak Dapat Digunakan

Handphone sekarang pada umumnya hanya menggunakan layar sentuh. Namun bagaimana jika layar sentuh yang menjadi salah satu faktor utama handphone malah tak bisa digunakan? Ternyata ada satu solusi sederhana untuk masalah ini. Kalian dapat mencoba masuk ke pengaturan – tampilan – kalibrasi. Nantinya, kalian akan mendapati tampilan layar putih yang menandakan proses kalibrasi sedang berjalan. Setelah itu, layar sentuh kalian akan berjalan normal kembali. Jika masih tidak bisa, anda dapat mencoba mode pemulihan atau recovery mode.

  1. Baterai Bocor

Baterai bocor memang bukan masalah yang mudah. Kalian bisa saja mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membeli baru baterai kalian. Ternyata, ada beberapa langkah sederhana yang dapat kalian lakukan, loh. Pertama, lepaskan baterai dari ponsel dan sesuaikan dahulu suhunya dengan suhu ruangan. Kemudian memasukkannya ke dalam plastik rapat agar tidak ada udara yang keluar masuk. Selanjutnya, masukkan ke dalam pendingin lemari es (freezer) 10-12 jam. Setelah itu, keluarkan, pasang pada handphone kalian dan charge sekitar 8 jam dalam posisi handphone mati. Terakhir, kalian dapat menyalakan kembali dan membuktikannya.

  1. Terkena Air

Handphone atau tablet jatuh ke dalam air? Masalah ini juga tak jarang didapati para pengguna handphone. Untuk memperbaiki handphone dalam kondisi basah, kalian perlu sabar dalam melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Matikan handphone. Jika setelah terkena air masih dalam keadaan hidup, segera matikan.
  • Selanjutnya, pisahkan baterai, kartu SIM, kartu memori dan sebagainya.
  • Segera keringkan menggunakan tissue atau kain yang memungkinkan air di permukaan handphone terserap sebanyak mungkin.
  • Siapkan sebuah kotak yang diisi dengan beras.
  • Masukkan setiap bagian handphone ke dalam beras dan diamkan kurang lebih tiga hari.
  • Terakhir, ambil handphone kalian dan coba nyalakan.

Nah, beberapa cara di atas juga dapat diaplikasikan ketika kalian memperbaiki tablet ya.

Memperbaiki Laptop

Laptop, bisa dibilang menjadi ‘alat vital’ bagi hampir setiap orang. Pasalnya, mulai dari pelajar hingga pekerja membutuhkan laptop. Meskipun masih bisa dibilang jadi gadget yang setara dengan handphone dan tablet, sedikit berbeda ketika kalian hendak memperbaiki laptop. Berikut beberapa bagian yang rentan bermasalah dan tips memperbaikinya.

  1. Keyboard

Masalah pada keyboard biasanya terjadi ketika keyboard tidak berfungsi akibat debu atau kotoran yang menghambat pada sela-sela keyboard. Kalian dapat mencoba membersihkannya menggunakan kain atau kemoceng. Namun jika keyboard kalian tidak berfungsi secara keseluruhan, mungkin masalahnya terletak pada perangkat lunak atau keyboard driver-nya. Tips kedua, kalian bisa me-restart laptop atau memperbaiki keyboard driver-nya yaitu dengan memeriksanya pada “Device Manager”. Setelah itu, memeriksa apakah keyboard driver telah diperbaharui atau belum. Nah, yang terakhir, kalian bisa menggunakan keyboard alternatif juga loh.

  1. Charger

Bagian lain yang mudah rusak adalah charger. Pada umumnya, kabel charger terlebih dahulu yang diserang. Nah, daripada kalian ribet mencari ahlinya. Coba kalian perbaiki sendiri dengan tips berikut ini.

  • Pertama, oleskan sambungan charger dengan cairan minyak dan ketok-ketok hingga sambungan charger terbuka
  • Pisahkan casing dengan isinya
  • Solder dua bagian ujung kabel
  • Kemudian, potong karet penyangga dan potong kabel yang telah putus.
  • Selanjutnya, gunakan Avometer yang dapat menunjukkan apakah charger masih bisa digunakan.
  • Setelah berhasil, pasang kembali setiap bagiannya.
  1. Layar Pecah

Selayaknya handphone, layar pada laptop juga merupakan bagian yang susah-susah gampang diperbaiki. Namun, bukan berarti tidak ada solusinya. Nah, satu tips ini wajib kalian coba. Kalian dapat menyingkirkan blind screen pada LCD. Lalu menyingkirkan bingkai penutupnya yang memiliki empat sekrup pada bagian kiri dan kanan. Kemudian, singkirkan kabel data pada laptop dan memasang display baru pada laptop.

Nah, itulah tips cara mudah memperbaiki gadget yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun apabila tidak mau repot, kami hadir sebagai jasa service gadget terpercaya yang siap datang ke rumah kamu untuk mengecek permasalahannya, sehingga kamu tidak perlu repot – repot keluar rumah. Segera hubungi kami di nomor ini +62 995011123. Sampai jumpa di artikel berikutnya.