KlikFix.com – Bagi Anda yang sedang melirik Macbook keluaran Apple untuk keperluan pekerjaan Anda, Anda tidak salah memilih. MacBook Air dan MacBook Pro Keduanya memiliki desain langsing yang terbuat dari aluminum, keyboard yang nyaman digunakan dan daya tahan baterai yang awet. Dari sisi perangkat lunak, mereka berdua menggunakan sistem operasi X Yosemite yang memiliki fitur produktifitas yang tinggi. Macbook Pro menawarkan tampilan yang lebih tajam dan performa yang lebih baik sementara Air memberikan desain yang lebih langsing dan bertahan lama. Nah pertanyaannya, MacBook Air dan MacBook Pro mana yang anda akan pilih?

Desain

Secara design, Macbook Air dan Macbook Pro memiliki kerangka yang terbuat dari aluminum dan keyboard yang akurat. Anda yang suka mengetik akan sangat menghargainya. Keduanya juga memiliki trackpad paling responsif dan presisi dalam mengedit.

Sesuai namanya “Air”, Macbook ini sangat langsing dan ringan. Ukuran Air adalah 12.8 x 9 inci dengan ketebalan 0,68 hingga 0,11 inci. Berat Air Macbook hanya 1,5 kilogram dan laptop ini akan memudahkan Anda melakukan trip bisnis atau perjalanan dari kantor dan meeting dengan nyaman.

Pro juga merupakan mesin yang lumayan ringan untuk dibawa-bawa. Ukurannya lebih kurus dari model sebelumnya dengan ketebalan 0.71 inci dan ukuran layar yang lebih kecil sedikit 12,35 dan 8,62 inci. Macbook Pro memiliki berat sekitar 1,7 kilogram.

Pemenang : MacBook Air karena ringan, langsing tetapi memiliki layar lebih lebar dari Macbook Pro. Sekalipun MacBook Pro tidak jauh ketinggalan.

Tampilan

Kalau Anda memiliki tampilan yang tajam dan jelas, Anda bisa menggunakan MacBook Pro. VGA MacBook Pro adalah 2,560 x 1,600 pixel sementara Air hanya 1,440 x 99 pixel. Jadi Pro bisa menampilkan banyak data di layar sekaligus, sebuah nilai plus untuk pelaku bisnis yang suka multitasking di layar 13.3 inci ini. Selain itu ada 260 aplikasi Mac yang sudah dikembangkan untuk menyesuaikan diri dengan kapasitas pixel Mac Pro seperti Microsoft Office, Photoshop CS6 dan Google Chrome.

Tapilan keduanya juga sama-sama terang dengan test pencahayaan di ukuran 288 nits. Kesimpulannya Macbook Pro dan Macbook Air sangat mudah digunakan di luar lapangan atau terkena cahaya matahari sekalipun Pro memiliki akurasi warna yang lebih baik.

Pemenang : Macbook Pro yang memiliki ketajaman, terang dan warna yang lebih kaya.

Performa

MacBook Pro pastinya lebih kuat dibanding Macbook Air tetapi keduanya cukup mumpuni dalam keperluan sehari-hari. Misalkan dalam menggunakan OpenOffice untuk memperbaiki 20.000 nama dan alamat, Pro hanya membutuhkan 3 menit 20 detik – lebih cepat 26 detik dari Air. Dalam menduplikasi data multimedia 5GB, MacBook Pro dan MacBook Air meberikan kecepatan 190 MBps. Kesimpulannya, notebook yang lebih murah bisa menyelesaikan tugas yang hampir sama banyaknya dengan MacBook Pro.

MacBook Pro menggunakan Intel Iris dan tentunya lebih baik dari HD 5000 GPU di Air sehingga MacBook Pro cocok buat video editor atau perancang. Sekalipun begitu Air bisa menyelesaikan kerjaan yang hampir sama dengan Pro.

Pemenang : MacBook Pro buat Anda yang membutuhkan kecepatan.

Port dan koneksi

Macbook Air yang langsing ini memiliki opsi koneksi yang minimalis. MacBook Air hanya memiliki dua USB 3.0 port dan satu Thunderbolt port dan slot untuk kartu SDXC sehingga Anda bisa menambahkan kapasitas penyimpanan notebook. MacBook Air haya bisa terhubungan ke satu monitor eksternal dari Thunderbolt port.

Sebaliknya MacBook Pro menawarkan dua USB 3.0 port, dua Thunderbolt Port, HDMI port dan slot kartu SDXC. Hal ini berarti Pro bisa terhubung ke dua monitor sekaligus dengan 2,560 x 1,600 pixel dan monitor 1080p via port HDMI. Port ini penting buat pembisnis yang membutuhkan banyak layar untuk bekerja.

Pemenang : MacBook Pro karena keuntungan MacBook Pro mungkin tidak terlalu penting bagi pengguna rata-rata namun menguntung pembinis.

Daya Baterai

Daya baterai yang panjang penting bagi pembisnis yang membutuhkan laptop untuk kerja dalam jangka panjang. Untuk itulah MacBook Air memiliki daya yang sangat bagus yaitu 12 jam dan 50 menit sambil terus menerus browsing dengan Wifi. MacBook Pro juga menyediakan kapasitas yang cukup bagus yaitu 10 jam dan 44 menit. Kedua notebook ini diuntungkan dengan prosesor generasi keempat yang menawarkan efisiensi dan bertahan lama.

Pemenang : MacBook Air yang memiliki kapasitas hingga 13 jam.

Dari kedua MacBook Air dan MacBook Pro kita bisa melihat keunggulan masing-masing laptop. Kecocokan pemilihan jenis laptop tentunya sangat bergantung dengan bisnis yang Anda geluti. Bagi Anda yang bergerak di dunia desain dan kecepatan tinggi, Anda mungkin butuh MacBook Pro. Namun buat Anda yang lebih banyak mengetik laporan dan presentasi, MacBook Air cukup untuk Anda.
Layar yang rusak tentunya membuat kita kesulitan bekerja. Buat Anda yang memiliki permasalah di MacBook seperti layar MacBook retak, Anda bisa menghubungi KlikFix untuk perbaikan.