Di tengah masyarakat yang semakin mencintai teknologi terutama dunia smartphone, sebuah penelitian dilakukan untuk mengaitkan pilihan smartphone dengan kepribadian Anda. Pada konferensi British Psychological Society Social Psychology Section, peneliti memberikan hasilnya perbedaan antara pengguna Android dan iPhone. Mari mengenal kepribadian dari smartphone Anda.

Penelitian ini dilakukan oleh Heather Shaw dari University of Lincoln. Dia dan koleganya melakukan dua eksperimen. Pada tahapan pertama, mereka memberikan pertanyaan kepada 240 peserta mengenai karakter yang diasosiasikan dengan masing-masing smartphone. Banyak peserta yang menjawab pengguna Android memiliki tingkat kejujuran, rendah hati, mudah bekerja sama dan terbuka dibanding pengguna iPhone. Mereka juga cenderung kurang extrovert. Setelah itu mereka menganalisa kuesioner dari 530 pengguna Android dan iPhone untuk mengecek apakah stereotype tersebut tepat.

Dan hasilnya adalah tingkat kejujuran dan kerendah hatian pengguna Android memang lebih tinggi dari pengguna iPhone. Selain itu, mereka juga menemukan wanita lebih memilih iPhone dibanding pria. Bagi orang yang tidak suka “kesamaan” dengan barang milik orang lain cenderung memilih Android karena pilihannya yang beragam. Sementara orang yang menyukai status akan memilih iPhone.

Heather Shaw tidaklah terkejut melihat banyak perbedaan antara dua grup. Karena kedua smartphone memang memiliki aplikasi, spesifikasi dan fungsi yang berbeda sesuai dengan target marketnya. Bahkan Heather menyatakan kemungkinan perubahan kepribadian akibat menggunakan teknologi tertentu. “Jadi jika Anda membeli iPhone, lambat laun Anda akan mulai memiliki karakter pengguna iPhone.”

Pemilihan brand memang bagian dari personifikasi smartphone. Selain itu manusia bisa dibedakan lagi kepribadiannya berdasarkan warna, casing, photo, musik dan sebagainya. “Makanya orang-orang tidak suka ketika smartphone mereka diutak-atik karena smartphone dan isinya menunjukkan siapa kita.” Akibatnya, banyak perusahaan yang ingin mengenal pengguna smartphone berdasarkan aplikasi yang mereka unduh. Beberapa aplikasi terus menerus mengambil kegiatan pengguna entah mereka sadari atau tidak. Kegiatan-kegiatan yang tersimpan dalam bentuk data ini akan berguna untuk dunia psikologi, marketing, kerahasiaan pengguna dan sebagainya.

Tepat tidaknya kepribadian dari smartphone Anda sebenarnya masih terlalu dini untuk mengenal kepribadian Anda. Karena diri Anda jauh lebih kompleks dari sekedar pemilihan smartphone. Tetapi hasil yang tepat selalu membuat kita sedikit lebih bahagia menjalani hidup.

Nah, buat Anda yang menyukai barang high-end seperti iPhone dan ternyata iPhone Anda terkunci. Jangan khawatir, klikFix siap sedia menolong Anda. Anda cukup klik ke layanan kami.