KlikFix.com – Google Maps merupakan suatu jasa peta gratis dan online yang diciptakan oleh Google. Pada situs tersebut Anda bisa melihat berbagai informasi geografis pada hampir semua negara di dunia ini. Layanan memang interaktif, sebab di dalamnya peta bisa digeser sesuai keinginan pengguna, mengubah tingkat zoom, dan juga mengubah tampilan pada peta. Google maps juga menawarkan peta yang bisa digeser dan gambar satelit untuk seluruh dunia, serta memberikan rute perjalanan. Kali ini KlikFix.com sebagai jasa service iphone jakarta akan membahas mengenai google maps beserta cara kerjanya.

Google Maps dirancang dengan menggunakan campuran antara gambar peta, database, dan juga berbagai objek interaktif. Google Maps juga dibuat dengan bahasa pemrograman HTML, AJAX, Javascript, dan juga beberapa bahasa pemrograman yang lain. Semua gambar peta yang ada pada layar merupakan hasil komunikasi dari pengguna dengan database pada web server google guna menampilkan kombinasi dari berbagai potongan gambar yang diinginkan. Semua objek yang ada diintegrasikan ke dalam suatu database pada google server, kemudian akan dipanggil berdasarakan kebutuhan permintaan. Beberapa bagian gambar peta yang merupakan campuran dari berbagai gambar berukuran 256 x 256 pixel. Dalam tiap 256 x 256 tile mewakili gambar tertentu dalam latitude, longitude, serta zoom level tertentu.

Google Maps API atau Application Programming Interface adalah sebuah fitur aplikasi yang dibuatkan oleh google. Tujuannya untuk memfasilitasi pengguna yang hendak mengintegrasikan Google Maps ke dalam website masing-masing dengan menampilkan data point punya sendiri. Dengan memakai Google Maps API, Google Maps bisa di-embed pada website eksternal. Supaya aplikasi Google Maps bisa terlihat di website tertentu, maka dibutuhkan adanya API key. API key adalah suatu kode unik yang digenerasikan oleh google untuk sebuah website tertentu, supaya server Google Maps bisa mendeteksi.

Dalam Google Maps API terdapat empat macam pilihan model peta yang diberikan oleh Google, diantaranya yaitu:

  1. Roadmap, berguna untuk memperlihatkan peta biasa 2 dimensi.
  2. Satellite, berguna untuk memperlihatkan foto satelit.
  3. Terrain, berguna untuk memperlihatkan bentuk fisik permukaan bumi dan menunjukkan seberapa tingginya suatu lokasi, misalnya saja akan memperlihatkan gunung maupun sungai.
  4. Hybrid, berguna untuk menunjukkan foto satelit yang diatasnya terlihat juga apa yang muncul pada roadmap atau jalan dan nama kota.

Google maps itu merupakan layanan pemetaan berbasis web yang dibuat oleh google secara mudah dan gratis. Google Maps bisa membantu kita dalam mencari sebuah denah atau lokasi. Contohnya saat Anda ingin mencari rute perjalanan maka Anda hanya perlu mengetikkan lokasi asal dan tujuan, dengan begitu google akan menunjukkan lokasi peta yang Anda inginkan. Disamping itu juga terdapat fasilitas drag to zoom yang memungkinkan Anda bisa melihat secara detail lokasi peta termasuk informasi jalan dan alamat. Google maps memang sangat berguna dalam membantu kita untuk berbagai hal. Berikut ini beberapa kegunaan dari adanya Google Maps :

  1. Memudahkan kita dalam menemukan lokasi dalam waktu yang sangat cepat.
  2. Bisa diakses dimana saja, kapan saja selama terdapat fasilitas layanan internet.
  3. Kita bisa menyimpan alamat bisnis, sehingga bisa memudahkan pelanggan dalam mencari lokasi bisnis yang kita jalankan.

Menggunakan Google Maps juga bisa dilakukan melalui smartphone baik itu berbasis andori maupun ios. Jika Anda membutuhkan informasi tentang tempat apple service center jakarta maka Anda bisa mengunjungi KlikFix.com.