Penyebab Handphone Mati Total

Penyebab Handphone Mati Total

Pernahkah kalian merasa smartphone dalam keadaan ‘sehat-sehat’ saja namun tiba-tiba mati total? Tentu akan sangat menjengkelkan bila hal ini terjadi dan lebih lagi penasaran apa penyebab handphone mati total. Apalagi, si saat kalian masih sangat membutuhkan handphone tersebut. Biasanya, kalian akan langsung membawanya ke tempat servis hp mati total untuk segera diperbaiki.

Nah, secara sederhana hp mati total dapat dikarenakan dua komponen utamanya, yakni perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) sedang bermasalah. Namun, tahukah kalian apa yang sebenarnya terjadi sampai handphone kalian itu benar-benar mati hingga tidak kembali dapat dinyalakan? Berikut penjelasannya. Simak satu per satu yuk.

  1. Handphone mengalami bootloop

Penyebab pertama yang terjadi ketika hp mati total adalah smartphone kalian mengalami bootloop. Bagi yang belum tahu apa arti bootloop, hal ini adalah keadaan dimana perangkat android tidak dapat berjalan sampai ke OS atau sistem operasinya. Pada umumnya, hal ini ditandai saat handphone akan dinyalakan dan hanya menampilkan logo merk smartphone tersebut.

  1. Ponsel terjangkit virus

Tidak hanya gadget seperti laptop atau tablet yang dapat terjangkit virus. Sekarang, virus sudah bisa masuk ke dalam handphone kalian loh. Tanda-tanda awal ketika ponsel terjangkit virus pada umumnya adalah kinerja handphone melambat hingga pemborosan baterai. Namun, akibat terparah ketika virus sudah menyebar di seluruh software handphone, bisa jadi hal itu menyebabkan hp mati total.

  1. Aplikasi tidak kompatibel dengan handphone

Hampir di seluruh smartphone bersistem Android telah dilengkapi dengan fitur aplikasi Google Play Store yang mempermudah kalian untuk mengunduh aplikasi-aplikasi atau game sesuai keinginan. Tapi, sayangnya masih ada beberapa dari kalian yang bisa jadi sering mengunduh aplikasi yang tidak tersedia di Play Store melalui web browser dan sejenisnya. Sedangkan, aplikasi pada web browser merupakan aplikasi bebas yang tidak diketahui keamanannya dan bisa jadi tidak cocok untuk software handphone kalian. Sebenarnya, akibat dari faktor ini hampir sama dengan handphone yang terjangkit virus. Jadi, disarankan kalian tetap menggunakan fitur terpercaya ya.

  1. Terdapat aplikasi corrupt

Aplikasi corrupt pada smartphone juga terhitung berbahaya loh. Pasalnya, ketika aplikasi tersebut seharusnya dijalankan secara sempurna oleh sistem operasi, namun karena aplikasi ‘cacat’ malah membuat sistem operasi handphone sulit menjalankannya dengan baik. Ketika sistem sudah tak mampu bekerja karena keterbatasan sistem, handphone bisa jadi tanpa disadari mati total.

  1. Pengguna handphone tidak prosedural

Tidak prosedural dalam artian lain bisa dibilang pengguna handphone ‘kasar’ dalam menggunakan handphone. Seperti halnya, tidak peduli dengan keterbatasan handphone, tidak peka terhadap fitur-fitur handphone hingga perlakuan terhadap perangkat keras (hardware). Jadi, sebaiknya kalian mampu menjaga dan merawat software maupun hardware handpone kalian ya.

Masalah lainnya yang sering dihadapi adalah handphone tercebur ke dalam air. Apabila kamu mengalami masalah ini, silahkan baca cara mengatasinya di artikel ini: 8 tips menangani smartphone terjatuh dalam air.

Nah, itulah 5 masalah yang umum terjadi yang menyebabkan handphone mati total. Semoga hal ini tidak terjadi pada kalian ya.

Image Source: http://gizmodo.com/5793725/samsung-crafts-an-underwater-flip-cam-clone

Share and Enjoy