Apakah itu iPhone 5 Black Screen? Jadi, iPhone 5 Anda dalam kondisi nyala. Hanya saja tampilan iPhonenya tetap hitam. Anda bisa menelepon ke iPhone dan berbunyi, namun Anda tidak bisa menjawab. Anda sudah coba reset, membiarkan baterainya sampai habis dan mengisi baterai kembali, sayangnya tampilan iPhone tetap gelap. KlikFix akan menjelaskan alasan iPhone 5 Black Screen.

Anda perlu mengetahui tampilan iPhone 5 hitam itu bisa terjadi karena dua faktor, perangkat keras atau perangkat lunak. Karena perangkat keras agak sulit diperbaiki dan Anda perlu ke service center, Anda bisa mencoba penanganan untuk masalah perangkat lunak. Anda hanya perlu melakukan hard reset dengan menekan tombol Power / Sleep / Wake dan tombol Home bersamaan selama lebih kurang 10 detik. Jika logo Apple muncul di layar, berarti masalah Anda selesai. Jika belum, berarti permasalahan black screen ini terdapat pada perangkat kerasnya.

Perangkat keras yang berefek ke tampilan gelap adalah layar LCD iPhone 5 dan logic board. Layar LCD berfungsi menampilkan gambar yang Anda mau lihat. Sementara logic board adalah otak yang mengatur pengoperasian iPhone. Jadi ketika Anda menekan suatu tombol; misalkan Power, logic board akan memberikan informasi ke layar LCD untuk menampilkan proses iPhone menyala hingga bisa Anda gunakan.

Untuk bisa menampilkan gambar di LCD, iPhone membutuhkan 4 komponen penting:

  1. Layar LCD
  2. Digitizer yang akan memproses entuhan Anda ke bahasa digital yang dipahami iPhone
  3. Kamera depan
  4. Tombol Home

Keempat komponen ini memiliki kabel terpisah yang tersambung ke logic board. iPhone 5 Black Screen terjadi karena ada konektor komponen ini terlepas dari logic board. Jadi Anda perlu menempelkan kembali setiap konektor itu kembali ke posisi semula.

Menurut pengalaman teknisi iPhone, kegagalan menampilkan layar ini biasanya terjadi setelah Anda menjatuhkan iPhone atau iPhone 5 Anda masuk ke dalam air. Bila iPhone 5 terjatuh, kemungkinan connectornya terlepas dari logic board. Sementara iPhone jatuh ke dalam air mengakibatkan LCD rusak dan perlu diganti.

Penanganan iPhone 5 Black Screen ini tidak mudah karena design perangkat iPhone yang membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Apalagi kalau LCD iPhone rusak. Tenang saja, KlikFix akan membantu Anda. Silahkan klik di sini.