Jangan panik dulu ketika laptop mati total, apalagi berpikir untuk mengambil tabungan dan membeli laptop baru. Karena belum tentu laptop Anda tersebut rusak. Setiap alat elektronik memang ada masanya. Namun, jika selama ini Anda tidak merasa ada yang aneh dengan laptop Anda tapi tiba-tiba tidak menyala, maka Anda perlu mencari tahu penyebabnya. Urungkan dulu niat untuk membawanya ke tempat service laptop. Karena ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sendiri. Atau bahkan Anda juga bisa perbaiki sendiri dengan mempratekkan cara berikut ini.

Cek Adapter

Ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab terkait dengan adapter ini.

  • Apakah adapter sudah terpasang pada sumber listrik?

Banyak orang yang tidak sadar ternyata adapter tidak benar-benar tersambung dengan sumber listrik. Ada juga kemungkinan stop contact sudah rusak sehingga tidak bisa menghantarkan listrik dengan baik. Akibatnya laptop tidak menyala.

  • Apakah adapter cocok dengan tipe laptop?

Ini juga sering menjadi penyebab laptop tidak bisa dinyalakan. Anda harus tahu tidak semua adapter itu bisa Anda gunakan. Karena ada ukuran voltase setiap adapter berbeda. Ukuran voltase tersebut disesuaikan dengan daya yang dibutuhkan oleh laptop. Jadi, pastikan Anda menggunakan adapter asli bawaan laptop. Jika Anda terpaksa mengganti adapter tersebut, Anda harus memilih adapter dengan voltase yang sama dengan yang asli.

  • Apakah lampu pada adapter menyala?

Lampu pada adapter merupakan indikator bawasanya sudah ada listrik yang mengalir pada adapter. Jika lampu pada adapter sudah menyala tetapi laptop masi belum dapat menyala, maka kemungkinan besar masalahnya bukan pada adapter, tapi pada hardware laptop.

Cek Baterai Laptop

Semoga saja permasalahannya bukan pada baterai. Karena jika baterainya yang rusak, maka Anda harus membeli baterai baru. Dan harga baterai yang original biasanya mahal. Jadi, cek dulu kondisi baterai laptop. Yang perlu Anda lakukan hanya melepas baterai lalu nyalakan laptop dengan mencolokkan langsung ke sumber listrik, tanpa baterai yang terpasang pada laptop. Jika laptop menyala, berarti baterai Anda yang menyebabkan laptop tidak bisa dihidupkan. Anda harus mengganti baterai Anda yang baru.

Akan tetapi, jangan terburu-buru dulu. Mungkin cara yang satu ini bisa Anda coba untuk memastikan apakah benar baterai laptop yang rusak atau tidak. Caranya dengan mencabut charger atau adapter laptop dan juga baterainya. Lalu, tekan tombol Power selama 30 detik. Lakukan sekali saja. Kemudian pasang kembali baterai laptop serta colokkan adapter pada sumber listrik. Nyalakan laptop.

Beruntung jika masih menyala. Itu artinya penyebab laptop tidak menyala bukan pada baterainya. Akan tetapi, jika tetap tidak dapat menyala, maka kemungkinan besar Anda harus mengganti baterai laptop Anda.

Memilih Baterai Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Kenapa harus membeli baterai jika laptop bisa dinyalakan dengan cara langsung mencolokkan charger pada sumber listrik? Karena cara tersebut akan merusak motherboard. Motherboard laptop tidak didesain mendapatkan aliran listrik secara langsung seperti komputer. Jadi, harus ada media penghantarnya yaitu baterai.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mendapatkan baterai berkualitas dengan harga terjangkau di Klikfix. Kunjungi websitenya di www.klikfix.com dan Anda akan mendapatkan hardware laptop apapun yang Anda butuhkan, tak terkecuali baterai laptop.

Atau barangkali Anda bisa hubungi teknisi Klikfix agar dilakukan diagnosa untuk memastikan apakah penyebab laptop tidak bisa menyala tersebut disebabkan kerusakan pada baterai atau ada penyebab lainnya. Teknisi yang akan datang ke rumah Anda dan melakukan diagnosa. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot ke tempat service laptop.

Klikfix
Jasa Service iPhone Termurah Serta dapat Diantar Jemput Khusus Jabodetabek
iPhone Anda rusak? Mau benerin tapi gak punya waktu? Klikfix aja, Teknisi Kami langsung datang kemanapun Anda berada. Bergaransi, dan hanya bayar ketika iPhone Anda selesai diperbaiki, Pesan Jasa Service iPhone