Samsung DeX Mengubah Smartphone Menjadi PC

Samsung-DeX

KlikFix.com – Buat Anda yang pernah berandai-andai mengubah telepon menjadi PC selama bertahun-tahun, impian itu sekarang menjadi kenyataan. Samsung DeX seharga USD $149 (seharga 2 jutaan ini) bisa mengubah Galaxy S8 atau Galaxy S8+ Anda menjadi dekstop komputer ketika Anda mencolok monitor, keyboard dan mouse. Tentunya ini sebuah pengalaman yang menyenangkan tetapi Anda jangan mengharapkan kinerja yang sama dengan PC. Ingin tahu cara kerja Samsung DeX? Mari simak ulasan berikut ini.

Samsung-DeX

Cara kerja Samsung DeX

Samsung DeX hanya bekerja di Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+. Kunci utama perangkat kerasnya adalah DeX itu sendiri yang lebih mirip sebuah asbak berwarna hitam. Anda tinggal memutar ke belakang bagian atasnya untuk melihat port USB C dimana Anda bisa memasukkan telepon Anda ke situ. Di sisi belakang Anda akna menemukan dua port USB-A untuk keyboard, mouse dan tempat peyimpanan lengkap dengan Ethernet port, tempat power dan port HDMI untuk monitor 1080p. DeX sama sekali tidak bisa bekerja kalau Anda tidak mencolok monitor ke portnya dan Anda tidak akan mendapat mode DeX.

Tidak seperti Continuum dari Microsoft, handphone Anda tidak bekerja layaknya layar ke dua dengan DeX. Melainkan layar handhphone Samsung Anda tetap off ketika dia berada di dock. Untuk audio Anda perlu menggunakan headphone Bluetooth karena dock ini memblokir headphone jack smartphone Anda.

Masukkan Samsung Galaxy Anda ke dalam dock dan handphone akan masuk ke mode DeX, maka tampilan Desktop akan lengkap dengan icon aplikasi-aplikasi di home screen, task bar dan status bar. Anda bisa memasukkan aplikasi favorit Anda di home screen dan mengatur setting lewat status bar. Anda juga bisa membuka beberapa windows sekaligus tanpa masalah sekalipun aplikasi yang berada di belakang layar akan bersifat non aktif.

Kemampuan DeX

DeX bisa menjalankan Microsoft Office dengan sistem. Mereka telah menjadi sangat fungsional di Android selama beberapa tahun ini dan mereka berjalan dengan optimal di layar windows yang bisa diatur ukurannya. Anda bahkan bisa menggunakan segala fungsi Excel di spreadsheet dengan berbagai perhitungan yang rumit.

Tetapi kalau Anda ingin bekerja atau bermain dengan serius, Anda harus membuang DeX. Bagi Anda yang seorang programmer, menjalankan SQL di Android akan membuat tampilan Windows agak berantakan. Selain export dari excel ke text file tidaklah berjalan lancar termasuk edit gambar.

Samsung menyampaikan DeX ini bekerja dengan perusahaan virtual seperti VMWare da Citriz untuk memungkinkan virtual dekstop untuk mendapatkan pengalaman Windows 10. Tetapi beberapa orang menyatakan fitur itu menjadi sumber frustasi orang yang menggunakannya karena proses input yang lama. Selain itu tidak semua aplikasi berjalan dengan baik di DeX seperti Hulu, Netflix dan beberapa game lainnya menjadi lemot.

Jadi DeX boleh dikatakan bukanlah pengalaman desktop yang sebenarnya. Masalahnya bukan di perangkat kerasnya namun lebih karena Android belum bisa mengimbangi kemampuan Windows 10. DeX juga bukan perangkat yang cocok buat Anda yang suka mobile karena begitu banyak barang-barang yang perlu Anda bawa. Anda tentunya tidak mungkin untuk memasang dock, monitor, keyboard dan mouse saat meeting. Memasangnya di hotel juga bukan suatu ide yang bagus karena posisi tv di hotel tidaklah cukup nyaman untuk bekerja.

DeX juga memiliki masalah yang cukup besar. Anda tidak bisa copy text dari Gmail. Keyboard juga terus menerus membuat jarak antar tulisan. Tentunya ini permasalahan yang akan membuat Anda kesal.

Konklusi

DeX adalah sebuah teknologi yang bagus untuk demo. Namun untuk penggunaan sehari-hari, DeX masih kalah bersaing secara fungsi pada PC dan laptop. Dalam menggunakan DeX, Anda tidak hanya perlu membayar dock saja tetapi keyboard, mouse dan monitor plus telepon Samsung Galaxy S8 atau S8+. Kesimpulannya dibanding Anda membeli DeX, Anda sebaiknya membeli handphone dan laptop saja secara terpisah untuk efisiensi kerja sehari-hari.

Bagi Anda yang memimpikan jasa service handphone ke rumah, sekarang Anda tidak perlu berandai-andai lagi. Anda cukup ke KlikFix.com untuk membuat janji temu. Yuk klik di sini.

Share and Enjoy