Asus zenfone 5 merupakan salah satu smartphone yang sempat booming dan banyak terjual di pasaran. Dengan banyaknya unit yang diluncurkan maka kebutuhan mulai dari sparepart, aksesories, dan service perbaikan kerusakan juga sangat banyak. Untuk kali ini saya akan membahas tentang Asus Zenfone 5 Dengan Kerusakan Charging Panas.

Sebelum Anda akan melakukan service perbaikan, lebih baik Anda mengetest zenfone 5 terlebih dahulu dengan menyambungkannya ke charging usb. Jika dalam beberapa menit kemudian smartphone Anda panas dan persentase batere tampilan pada layar justru berkurang maka itu artinya memang ada masalah pada smartphone tersebut.

Memang dalam hal ini Anda harus benar-benar berani ambil resiko jika ingin memperbaikinya sendiri namun jika Anda ragu maka segera ke tempat service smartphone. Langkah awal dalam memperbaiki Asus Zenfone 5 Charging Persentase Tidak Berjalan yaitu Anda bisa membongkar smartphone tersebut. Kemudian setelah di bongkar, Anda bisa menyambungkan lagi ke usb charger dengan posisi batere dipasang. Setelah beberapa menit jika ada komponen yang panas biasanya masalahnya ada pada komponennya.

Biasanya IC usb interface rusak sehingga menyebabkan berkurangnya ampere pada tegangan saat melakukan charging. Nah, jika masalahnya itu terdapat pada ic usb interface. Segera ambil ic nya dengan blower. Lalu cek jalur, jika ternyata jalur tidak ada masalah maka Anda hanya tinggal mengganti IC nya saja. Ambil ic baru, lalu pasangkan ke PCB. Dengan teknik yang baik dan kemampuan yang mumpuni, waktu yang digunakan untuk mengganti IC bisa kurang dari 15 menit. Teknik seperti itu memang membutuhkan cara khusus dan tidak semua orang bisa dengan cepat memahaminya. Teknik ini juga membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat.

Anda bisa belajar dari internet tentang cara menganalisa dan melakukan penggantian IC dengan cepat dan praktis. Jika sudah diganti maka Anda bisa melanjutkan lagi ke tahap test quality dari hasil pergantian IC tadi. Pasang batere lagi, kemudian sambungkan ke USB charge dan tunggu sekitar 10 menit. Jika hasilnya tidak ada yang panas dan suhu normal maka bisa dilanjutkan ke tahap pemasangan casing, lalu test kembali sambung ke USB charger. Tunggu beberapa menit persentase indikator batere pada layar, jika bertambah maka Anda sukses melakukan service pada Asus Zenfone 5 Yang Tidak Dapat Dicharge.

Bagaimana jika ternyata bukan masalah pada IC usb interfacenya ? Tenang saya juga punya satu tips lagi untuk mengatasinya. Untuk memperbaiki asus zenfone 5 yang tidak dapat charging battery memang harus dilakukan beberapa cek terlebih dahulu untuk batere, kabel charger dan juga head charger

Langkah yang perlu Anda lakukan yaitu mengetest charger dan kabel, Anda bisa mencoba menggunakan charger dan kabel yang lain dulu. Bila masih tetap tidak bisa mengisi batere maka segera lakukan penggantian pada part mic serta micro charging board asus zenfone 5. Apabila setelah diganti part mic dan micro charging board, namun masih juga tidak dapat terisi baterenya, maka langkah terkahir yaitu dengan mengganti batere zenfone 5. Pada umunya masalah zenfone 5 tidak dapat charging battery yaitu karena kerusakan pada part mic dan micro charging board, jadi jika sudah diganti part ini biasanya pengisian pada batere akan lancar kembali.

Part ini juga dapat pergunakan bila kendalanya terdapat pada mic, kendala di mic akan berakibat pada suara lawan bicara tidak dapat terdengar oleh kita ketika menelephone. Anda juga bisa mengetestnya dengan melakukan perekaman suara, bila tidak terekam suara kita maka dipastikan mic tersebut rusak. Segera ganti partnya dengan part mic dan micro charging board khusus asus zenfone 5.