Tiba-Tiba Kamera Depan iPhone 5 Tidak Bisa Digunakan?


Klikfix.com – Banyak sekali yang datang ke tempat service kamera iPhone karena kamera depan iPhone 5 mereka tidak berfungsi. Dan biaya service bisa begitu mahal disebabkan ada komponen hardware yang harus diganti dengan yang baru. Namun, ada juga yang hanya memerlukan perbaikan software-nya saja.

Kamera Depan iPhone 5

Jika kasus seperti ini Anda alami juga, Anda bisa mencoba perbaiki sendiri. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Barangkali kerusakan tersebut bisa Anda perbaiki sendiri tanpa harus membawa ke tempat service kamera.

Memperbaiki Kamera Depan iPhone 5

Banyak pengguna iPhone 5 yang tiba-tiba tidak bisa menggunakan kamera depan. Padahal, tidak ada masalah dengan kamera belakang. Kamera depan iPhone 5 berwarna hitam setiap kali diaktifkan.

Apakah itu artinya kamera depan harus diganti dengan yang baru? Belum tentu. Ada kemungkinan software-nya yang bermasalah. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa aktifkan layanan chat seperti Facebook Messenger atau video call menggunakan WhatsApp. Jika ternyata Anda masih bisa menggunakan kamera depan, maka kerusakan pada software kamera.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Anda bisa coba melakukan reset setting seperti sejak pertama kali Anda membeli iPhone 5. Dengan demikian, setting sudah sesuai dengan yang ditentukan oleh Apple dan kamera depan pasti berfungsi kembali.

Bagaimana jika tidak berhasil juga? Jika cara tersebut tidak berhasil, Anda bisa coba cara lain, yaitu melepas screen kamera depan. Dalam hal ini, Anda harus hati-hati. Jika Anda tidak punya pengalaman bongkas pasang komponen iPhone, sebaiknya Anda hubungi jasa service kamera hp saja.

Beberapa kasus kamera depan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya disebabkan IC konektor yang terlepas. Ini bisa saja terjadi lantaran iPhone Anda pernah jatuh. Dilihat dari luar, sepertinya iPhone Anda aman-aman saja. Namun, ternyata komponen di dalam berupa IC konektor lepas sehingga kamera depan iPhone 5 tidak berfungsi.

Bisa juga rusaknya kamera depan iPhone ini disebabkan kabel yang putus. Ini jelas lebih mudah dan biaya service-nya tidak mahal. Yang pasti, ketika Anda service kamera iPhone, bukan berarti kamera harus diganti, tapi ada komponen yang terlepas atau rusak sehingga harus dipasang dan diperbaiki lagi.

Biaya Service Kamera Depan

Banyak orang yang khawatir jika ternyata biaya service kamera depan sangat mahal. Anda harus tahu biaya service tergantung kerusakan yang terjadi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua kasus rusaknya kamera depan disebabkan kerusakan pada komponen hardware. Mungkin saja software-nya saja. Untuk kerusakan seperti ini, teknisi Klikfix bisa langsung melakukan perbaikan di rumah. Dan biaya service tidak mahal. Apalagi sekarang ini sedang ada promo diskon 50% untuk macam kerusakan.

Namun, jika ada komponen yang rusak seperti IC konektor, biasanya iPhone Anda akan dibawa ke workshop dalam beberapa hari tertentu untuk dilakukan pemasangan komponen yang baru. Anda bisa cek dulu biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli komponen dan juga biaya service di klikfix.com. Jadi, estimasi biaya bisa Anda ketahui terlebih dahulu sebelum iPhone Anda di service.

Apakah ada perbedaan antara service di rumah dan di workshop? Tidak ada bedanya. Teknisi yang datang dan melakukan service di rumah merupakan bagian dari layanan yang diberikan oleh Klikfix selaku penyedia jasa service kamera iPhone panggilan terbaik di Jakarta.

shares