KlikFix.com – Sebagai pemilik iPhone, kita tentu tidak pernah senang kalau handphone kita bermasalah. Apalagi ponsel sudah merupakan salah satu kebutuhan primer di zaman modern ini. Apalagi buat kita yang suka memotret segala segala yang menarik perhatian kita. Kamera belakang yang tidak berfungsi adalah hal yang tidak pernah kita inginkan. Kita pun ingin melakukan servis kamera iPhone sesegera mungkin. Tetapi tahukah Anda bisa memperbaikinya sendiri? Mari kita simak tipsnya.

Kamera iPhone 4

Ketika menyangkut performa, resolusi gambar dan hasilnya dari iPhone 4, rata-rata orang akan mengacungkan jempol karena tidak ada kamera yang sebagus iPhone 4 pada masa dia diluncurkan. Apalagi dikombinasikan dengan berbagai aplikasi yang ada di iTunes, tentunya Anda tidak ingin cepat-cepat mengganti dengan iPhone lainnya selama masih bisa digunakan. Sebenarnya, apa penyebab kamera belakang iPhone mati? Inilah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti. Sekalipun beberapa dari langkah ini membutuhkan teknisi handal untuk menyelesaikannya.

Masalah yang sering ditemui di iPhone 4 :

  1. Gagal mengaktifkan kamera belakang iPhone 4
  2. Blackscreen ketika kamera diakses
  3. Gambar tidak tersimpan di handphone Anda
  4. Gambar yang buram

Penyebab-penyebab umum yang mengakibatkan terjadikan kerusakan kamera belakang iPhone 4 :

  1. iPhone terkena air baik tersiram apalagi terendam
  2. Pada gambar yang buram biasa terjadi karena adanya kotoran di lensa kamera
  3. Aplikasi pihak ketiga (selain Apple) yang mengakibatkan masalah ini
  4. Pin penghubung atau Cam Strip terlepas
  5. Komponen-komponen iPhone lainnya yang bisa saja mengakibatkan hal ini terjadi.

Cara memperbaikinya kamera iPhone 4 :

  • Bila gambar yang dihasilkan kamera agak buram, inilah saatnya untuk membersihkan dengan cotton bud
  • Kalau masalahnya terjadi pada software baik aplikasi dari Apple ataupun bukan, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
    • Restart handphone dan periksalah perubahannya
    • Reset handphone Anda dan lihat perubahannya
    • Uninstall aplikasi pihak ketiga bila Anda baru saja mengunduh atau upgrade aplikasi tersebut
    • Update Software yang sedang Anda gunakan

Kalau kamera Anda gagal nyala dan Anda tidak melihat apapun di layar. Maka perbaikannya agak sedikit berbeda. Anda perlu restart handphone atau aplikasinya yang sedang Anda gunakan. Kalau problem ini tetap ada maka:

  1. Anda perlu membuka iPhone 4 dengan segala peralatan yang ditawarkan oleh pihak Apple. Karena perlengkapannya agak berbeda dengan handphone biasanya.
  2. Anda perlu memeriksa Pin penghubung dan Cam Strip yang mungkin saja terlepas karena berbagai hal. Bila Anda melihatnya terlepas, Anda bisa memperbaikinya atau mengganti Cam Strip

Apabila problemnya tidak bisa diselesaikan juga, Anda bisa mengikuti cara-cara seperti ini yaitu: memeriksa cam board connector. Kadang konekstor ini rusak karena terkena air, bagian yang disolder tidak lagi menempel atau berbagai hal lainnya. Lalu Anda bisa membersihkan atau mengganti connector. Anda perlu mengecek juga komponen-komponen di sekitar konektor. Selanjutnya Anda bisa menggantikannya atau memasang kembali bagian yang rusak (tergantung tingkat kerusakannya).

Semua langkah-langkah ini tentu akan menyelesaikan masalah kamera belakang iPhone. Tetapi Anda perlu menggunakan peralatan yang tepat dan disarankan oleh pihak Apple. Anda juga menangani semua komponen yang agak rapuh ini dengan hati-hati kalau tidak ingin menjadi kerusakan yang lebih parah. Kalau Anda tidak yakin cara servis kamera iPhone 4, Anda bisa menghubungi toko yang bisa memperbaiki iPhone Anda secara online. Anda cukup membuat janji temu dan kami akan datang.