KlikFix.com – iTunes dari Apple menawarkan beragam podcasts dengan berbagai topik yang bisa Anda pilih. Banyak pilihan ini untungnya bisa Anda nikmati dengan mendaftarkan ke podcast lewat aplikasi Podcast di handphone ataupun komputer. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara subscribe ke Aplikasi Podcast, simak di sini ya.

aplikasi podcast

Pertama-tama kita akan membicarakan daftar ke podcast via aplikasi Podcast yang sudah ada di dalam iOS. Bukalah aplikasi dan tekanlah tombol Featured yang terletak di bawah layar untuk mencari podcasts terbaru dan layak didengar. Anda juga bisa menampilkannya berdasarkan kategori. Kalau Anda ingin melihat podcasts yang sedang populer atau paling bagus, Anda bisa menekan tombol Top Chart. Kalau Anda sudah tahu podcast yang Anda mau, Anda cukup menekan tombol Search setelah memasukkan nama atau topik yang Anda mau.

Selanjutnya, Anda tinggal menekan podcast yang menarik bagi Anda. Pada halaman utama podcast, Anda bisa menekan nama dari episode tertentu untuk mendengar atau menonton secara streaming. Selanjutnya Anda akan melihat icon Cloud berbentuk awan yang terletak di samping nama episode jika Anda ingin mengunduhnya atau menontonnya secara offline. Setelah diunduh, Anda tinggal menekan tombol Play.

Kalau Anda menyukai podcast yang Anda pilih, Anda bisa mendaftar dengan menekan tombol “Subscribe”. Hal ini berarti setiap episode baru akan diunduh dan menjadi tersedia serta muncul di daftar podcasts Anda. Lakukanlah ini terus menerus pada podcasts yang Anda suka.

Sekarang Anda bisa menekan tombol My Podcasts di bagian bawa layar. Dari daftar podcast yang ada, tekan podcast yang Anda sudah daftar. Setelah itu tekanlah ikon berbentuk roda gerigi yang melambangkan Settings. Di sinilah Anda bisa mengatur pendaftaran Anda.

Di bawah Settings, Anda akan menemukan opsi Play. Opsi ini akan menentukan apakah Anda ingin memainkan berurutan dari episode terbaru ke lama atau sebaliknya. Tekanlah pada opsi Sort Order untuk menentukan penyusunan daftar boardcast. Anda perlu memastikan tombol Suscribed dalam kondisi on. Setelah itu Anda bisa mengaktifkan tombol “Notifications” kalau ingin mendapat pemberitahuan adanya episode terbaru. Anda bisa menonaktifkannya bila tidak membutuhkannya. Bila Anda ingin menentukan seberapa sering notifikasi ini muncul, Anda bisa ke bagian di bawah tulisan “On this iPhone” atau “On this iPad” ada tulisan “Refresh Every” untuk pengaturan. “Limit Episodes” bertujuan untuk mengontrol seberapa jauh Anda ingin kembali ke episode-episode yang lalu. Opsi “Download Episodes” menentukan seberapa jauh keinginan Anda untuk mengunduh episode jadul. Dan “Delete Played Episodes” akan membantuk Anda mengontrol apakah Anda mau menghapus episode yang sudah pernah Anda dengar atau nonton.

Kalau Anda ingin menghapus podcasts secara manual Anda tinggal sapukan jari Anda ke kiri dan tekan “Delete” satu per satu. Kalau Anda ingin menghapus beberapa sekaligus, pilihlah Edit pada bagian kanan atas, tekan lingkaran di sampingnya podcast-podcast yang Anda ingin hapus dan tekan Delete.

Mendaftar ke iTunes

Selain cari di atas, Anda juga bisa mendaftar ke podcasts dengan menggunakan iTunes. Anda cukup menyalakan iTunes di komputer Anda dan memastikan dia mengarah ke App Store. Pilihlah menu drop down yang berisikan variasi konten dan tekanlah podcasts. Dari sini Anda bisa melihat berbagai podcasts yang tersedia dan mencari sesuai yang Anda inginkan atau topik yang pas. Tekanlah pada podcast yang Anda inginkan dan pilih Subscribe kalau Anda ingin mendaftar.

Kalau Anda ingin ke tempat penyimpanan iTunes, Anda cukup klik Library di sisi atas layar. Bila Anda menekan menu maka Anda akan melihat berbagai jenis konten dan pilihlah podcasts. Anda bisa mengatur masing-masing podcast dengan menekan tombol Settings.

Akhirnya Anda perlu sinkronisasi pengaturan sehingga Anda bisa mendengar atau menonton di gadget mana aja di handphone atau komputer. Ketika iTunes menyala, koneksikan iPhone atau iPad Anda dan tekan Apply atau Sync. Dan Anda bisa mendengar musik, film atau info di manapun yang Anda inginkan.

Handphone mati karena baterai rusak. Anda tidak perlu khawatir. KlikFix.com memberikan jasa pelayanan pergantian battery iPhone 5 ORI bila baterai Anda rusak. Klik di sini untuk mencari lebih lanjut yuk.