KlikFix.com – Apakah Anda ingin memiliki performa laptop yang lebih baik? Beberapa orang akan menyarankan Anda untuk membeli laptop baru. Namun kalau Anda cukup yakin dengan kemampuan mengoperasikan obeng, tidak takut dengan segala kepingan elektronik dan sabar, Anda bisa upgrade sendiri. Kali ini KlikFix.com yang memberikan layanan servis laptop Jakarta ini akan memberikan Anda tips upgrade RAM dan HDD laptop sendiri.

Anda perlu mengetahui kalau setiap laptop memiliki desain elektronik yang sedikit berbeda. Namun jangan khawatir, Anda tetap memperbaikinya selama Anda memahami konsep elektronik ini sendiri. berikut informasi upgrade RAM dan HDD laptop

Sebelum Anda mengutak-atik laptop, kami perlu mengingatkan Anda:

  1. Setiap upgrade ini akan membuat garansi laptop Anda tidak berlaku
  2. Beberapa upgrade bisa mengakibatkan kerusakan laptop. Kalau Anda tidak yakin bisa melakukan sendiri, Anda bisa ke KlikFix di https://klikfix.com/ID
  3. Masing-masing brand menyedikan instruksi perbaikan manual yang bisa Anda baca di websitenya
  4. Sebelum melakukan upgrade, pastikan laptop Anda tidak dalam kondisi tersambung ke colokan dan lepaskan baterai dari laptop Anda
  5. Anda perlu beberapa jenis obeng-obeng kecil
  6. Setiap baut perlu Anda atur posisinya sehingga Anda bisa ingat untuk pasang kembali
  7. Sebelum Anda melakukan upgrade, pastikan Anda telah upgrae BIOS. BIOS yang terbaru bisa mendukung tambahan atau pergantian komponen baru.
  8. Tidak setiap laptop bisa diupgrade. Beberapa telah disolder atau pemasangan secara permanen

Upgrade RAM

Kegiatan upgrade RAM adalah hal yang paling mudah dilakukan. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Anda bisa menggantikan RAM yang Anda telah miliki atau Anda hanya perlu menambahkan RAM dari yang sudah ada di laptop Anda. Kalau memungkinkan, pastikan RAM yang Anda pasangkan memiliki merk dagang yang sama.

Cara mendeteksi bagian RAM adalah sebuah label yang bertuliskan M (Memory) atau sebuah gambar chip RAM. Anda bisa melepaskan baut (biasanya cuman 1) atau beberapa baut untuk jenis laptop ang berbeda. Kalau Anda perlu melepaskan keyboard juga untuk memasangnya, Anda perlu melepaskan pembungkus keyboard yang terbuat dari plastik dan lepaskan keyboard dengan melepaskan dua baut di dekat pembungkus, mengangkatnya dan mencopot konektornya.

Setelah Anda melepaskan keyboard atau cukup menemukan RAM, itu lepaskan klip metal dengan pelan hingga RAM terbebas. Tarik keluar secara perlahan lalu masukkan RAM baru dengan posisi yang sama. Tekan dengan pelan hingga kondisinya sama seperti posisi RAM sebelumnya yaitu datar. Biasanya klip ini akan mengunci RAM secara otomatis. Seusai ini, Anda bisa langsung menyalakan laptop Anda kembali. Biasanya laptop bisa mendeteksi adanya RAM baru.

Upgrade Hard Drive

Apakah Anda sudah membutuhkan space hard drive yang lebih besar? Anda hanya membutuhkan waktu 60 menit untuk mencopot dan memasang harddrive baru. Tenang saja, mengganti HDD tidaklah sulit dan bisa dilakukan beberapa menit. Namun memindahkan data ke HDD baru membutuhkan perencanaan dan waktu yang cukup lama.

Hard drive biasanya bisa diakses dari panel di samping laptop Anda dan bisa diganti setelah Anda melepaskan baut-baut di bawahnya. Drive nya sendiri biasanya dibungkus sebuah kotak. Anda tinggal melepaskan baut maka Anda bisa melepaskan drivenya. Anda tinggal memasang drive baru untuk mengganti drive yang lama. Setelah itu pasang kembali apa yang telah dilepaskan.

Kalau Anda mencoba install Windows dari awal, Anda memerlukan kepingan instalasi. Kami menyarankan Anda untuk belanja semua aplikasi yang Anda butuhkan terlebih dahulu. Bila Anda masih membutuhkan data dan program lama Anda, Anda cukup menggunakan perangkat lunak cloning untuk menghasilkan copy yang serupa dengan hard drive lama. Anda bise menggunakan Clonezilla yang intuitif, cepat dan gratis. Setelah proses cloning selesai, Anda tinggal menyalakan laptop Anda dan proses ganti HDD ini pun selesai.

Sekian informasi KlikFix.com mengenai tips upgrade RAM dan HDD laptop. Semoga berguna.